Pantai Pandawa, Surga Tersembunyi di Pulau Dewata

Pantai Pandawa Bali, salah satu pantai pasir putih terkenal di Bali yang wajib dikunjungi jika kamu liburan di pulau dewata. Pandawa beach terletak di Desa Kutuh, Kabupaten Badung dan lebih terkenal dikalangan wisatawan mancanegara khususnya Australia dengan nama secret beach of Bali. Sedangkan masyarakat lokal lebih mengenal dengan nama pantai Kutuh.

Lokasi Pandawa beach Bali berada di balik tebing batu kapur yang sangat tinggi dan dari atas tebing anda akan dapat melihat keindahan pemandangan Samudra Hindia. Untuk memasuki kawasan pantai di desa Kutuh Bali, anda harus melewati sebuah jalan yang diapit oleh tebing batu yang terjal. Di tebing terjal ini terdapat patung dari Panca Pandawa dalam kisah Mahabharata, karena itu dinamakan Pantai Pandawa Kutuh Bali.

Pantai terindah di Bali ini, dahulu masih sepi pengunjung. Wisatawan yang datang ke pantai tersebut lebih banyak mancanegara daripada lokal, karena lokasinya yang terpencil. Seiring berjalannya waktu, banyak wisatawan Indonesia yang penasaran dan kini sudah semakin ramai.

Semenjak akses jalan dibuka umum pada tahun 2012, Pandawa Beach tidak lagi menjadi pantai tersembunyi di pulau Bali. Hampir setiap hari Pandawa beach Bali selalu ramai dengan kunjungan wisatawan.

Hampir semua tempat wisata di Bali akan di kenakan biaya tiket masuk. Untuk Pantai Pandawa ini biayanya berbeda-beda. Rp.8000,- untuk dewasa dan Rp.4000,- untuk anak-anak. Sedangkan untuk biaya parkirnya, Rp.5000,- untuk parkir mobil dan Rp.2000,- untuk parkir motor.

Kebersihan pantai lumayan terjaga, serta ombak laut yang tenang. Saat kita menginjakan kaki di pasir pantai menghadap ke samudra Hindia. Kita akan melihat perpaduan warna yang sangat indah. Mulai dari warna pasir putih, warna air laut dipinggir pantai kehijauan dan semakin kedalam air laut berwarna biru. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *