Pemandangan yang Sangat Alami di Curug Merak Temanggung

Kabupaten Temanggung memiliki Curug Merak, curug yang keindahannya masih sangat alami lantaran belum banyak yang menjamahnya. Curug ini berlokasi di Dusun Ndawe, Desa Sidoharjo, Kecamatan Candiroto. Akses menuju Dusun Ndawe masih sangat sulit di beberapa titik, sehingga Curug Merak ini masih jarang dikenal. Curug Merak ini masih sangat alami, di bawah curug dibuat semacam kedung dan biasanya sebagai tempat memancing oleh warga sekitar.

Jauh dan sulitnya perjalanan yang harus ditempuh akan terbayarkan begitu sampai ke curug. Untuk sampai ke sana, para pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 500 meter dari tempat penitipan kendaraan bermotor melalui jalan setapak.

Curug Merak atau air terjun merak ini disebut-sebut sebagai surga baru yang masih tersembunyi lantaran lokasinya yang belum banyak dikunjungi masyarakat. Pemandangan curug dan sekitarnya sangat memanjakan mata karena membelah kawasan hutan di wilayah tersebut. Ditambah dengan kondisi mata airnya yang masih sangat jernih dan segar. Bisa dibilang, destinasi ini masih terjaga keperawanannya sehingga terlihat sangat asri.

Curug ini mempunyai air yang begitu jernih yang bisa anda gunakan untuk berenang atau sekedar bermain air. Kondisi air yang sangat jernih dan masih alami membuat anda semakin betah berlama lama di curug ini.

Sejauh ini Curug Merak memang belum memiliki fasilitas yang cukup memadai, termasuk kuliner, tempat parkir, maupun kamar kecil. Pengelolaannya pun masih dilakukan secara swadaya oleh para pemuda di desa sekitar. Karena hal itu, pengunjung yang masuk ke kawasan curug tidak akan ditarik tiket satu rupiah pun alias gratis. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *