Pesona Candi Barong Yogyakarta Yang Menarik Untuk Kamu Kunjungi

Jika kamu berkesempatan mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta, ada yang kurang rasanya jika tidak mendatangi wisata-wisata sejarah yang banyak tersaji di dalamnya, ada museum, wisata religi, atau candi. Berbicara soal wisata candi, Yogyakarta bukan hanya tentang Candi Prambanan atau Candi Borobudurnya saja, masih banyak candi-candi lainnya yang menarik untuk kamu kunjungi. Salah satunya adalah Candi Borong. Jika kamu pernah mendengar Candi Ratu Boko yang terkenal itu, Candi Barong ini letaknya berdekatan dengan Candi Ratu Boko. Tepatnya berada di Dusun Candisari, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Karena letak candi ini berada di perbukitan Batur Agung, maka tak heran udara dan suasana yang terasa di sini begitu sejuk dan segar. Ditambah, lokasi ini jauh dari jalan utama dan pusat kota. Bagi kamu yang penat dengan keriuhan kota, tempat ini menjadi opsi yang pas untuk kamu sambangi. Menurut penelitian, Candi Barong ini pondasinya merupakan sebuah bukit yang telah dipotong puncaknya. Karenanya, saat kamu mengunjungi candi ini kamu diharuskan untuk menaiki beberapa anak tangga. Salah satu keunikan dari candi ini adalah adanya hiasan kepala barong khas Bali, untuk itu candi ini dinamakan Candi Barong.

Mengenai potongan bukit yang telah disebutkan, bentuknya sudah menjadi balok-balok yang bertujuan untuk memperkuat talud sebagai pondasinya. Bangunan-bangunan yang ada di candi ini terdiri dari tiga teras, teras pertama sendiri merupakan dasar dari keseluruhan bangunan candi. Teras kedua berupa pelataran, dan teras terakhir kamu akan menemukan sebuah gerbang dan dua buah candi utama, ketiga bangunan teras tersebut berbentuk punden berundak. Jika kamu ingin mengunjungi Candi Barong ini, waktu terbaik untuk mengunjungi adalah pada saat sore hari dan kalau bisa bertepatan pada Bulan Mei hingga September. Karena pada waktu-waktu tersebut pesona alam yang ditawarkannya akan membuatmu takjub, selain pemandangan sunsetnya ada juga pemandangan lainnya yang akan membuatmu terperangah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *