Wisata Hutan Mangrove Jembatan Api Kulon Progo Yogyakarta

Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta memang terkenal akan keindahan alam wisatanya, mulai dari wisata perbukitan, pantai, air terjun, dan lain sebagainya. Bagi yang sudah familiar dengan daerah Kulong Progo, pasti tempat-tempat wisata yang terlintas di benak kita adalah Pantai Glagah, Kalibiru, atau Waduk Sermo. Namun akhir-akhir ini terdapat satu destinasi wisata yang sering mencur perhatianĀ  publik, khususnya warganet, tempat wisata yang dimaksud adalah Hutan Mangrove Jembatan Api.

Alam Hutan Mangrove sebenarnya sudah sejak lama menjadi pusat perhatian masyakarat Jogja, karena sajian alami dan potensi wisatanya cukup menjanjikan. Maka sejak tahun 2016 warga semakin sadar akan potensi-potensi tersebut, dan secara intensif mulai dilakukan pengembangan untuk dijadikan tempat-tempat wisata. Hutan Mangrove Jembatan Api merupakan salah satunya, saat kamu mengunjungi wisata ini kamu akan disambut dengan hijaunya hutan mangrove yang cantik.

Di luar rimbunnya pohon mangrove, kamu akan dipertemukan dengan anak Sungai Bogowonto yang mengalir hingga ke muara, di kawasan ini sudah dibangun beberapa tipe jembatan bambu yang unik yang bisa kamu lewati. Bagi kamu penyuka hal-hal yang berbau tantangan, kamu bisa mencoba jembatan bambu bergoyang yang bisa membuat adrenalinmu terpacu. Sedangkan bagi kamu yang ingin mencoba jembatan yang biasa saja, kamu bisa menaiki jembatan bambu yang berdiri dengan kokoh.

Di beberapa titik kawasan ini juga sudah dilengkapi dengan gazebo kayu, dan tak kalah menariknya juga tersedia spot-spot foto yang menawarkanmu sudut pemandangan yang apik. Selain itu juga kamu bisa menyusuri anak Sungai Bogowonto dengan menaiki kapal yang sudah disediakan oleh pengelola, panorama senja yang tersaji di Hutan Mangrove Jembatan Api ini pun merupakan hal yang tak boleh kamu lewatkan ya, dijamin panoramanya apik banget deh.

Tiket masuk ke Hutan Mangrove Jembatan Api ini terbilang sangat murah, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah, untuk balita tidak dikenakan biaya. Dan jika kamu ingin menaiki kapal untuk menyusuri anak Sungai Bogowonto kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar 5 ribu rupiah, murah bukan? Tentunya jauh dari kata tempat wisata murahan ya.