Waduk Sermo Andalan Wisata di Yogyakarta

Anda mungkin sudah tidak asing dengan slogan Yogyakarta, Kota Budaya. Tentu tidak salah, namun Yogyakarta juga memiliki sejuta destinasi wisata yang menarik yang patut dikunjungi. Salah satu destinasi wisata sedemikian beragamnya itu, Yogyakarta memiliki satu destinasi andalan, yaitu waduk sermo. Waduk Sermo ini berlokasi di Kabupaten Kulon Progo.

Lokasi tepat Waduk Sermo ini berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, uniknya Waduk ini dibangun dengan membendung Kali Ngrancah yang ada di sana dengan tujuan utamanya sebenarnya untuk suplesi sistem irigasi di daerah Kalibawang seluas 7.152 Ha.

Waduk Sermo mulai dibangun pada tahun 1994, dan mulai diresmikan kala itu oleh Presiden Soeharto. Dan pada saat itu Waduk Sermo digadang-gadang sebagai bendungan dengan kualitas air terbaik sehingga waduk ini pun digunakan oleh PDAM untuk air minum dan kebutuhan sehari-hari.

Pada awal-awal berdirinya, Waduk ini difungsikan untuk latihan dan lomba dayung, cakupan perlombaannya pun mulai dari kelas nasional hingga internasional. Akan tetapi belakangan ini Waduk Sermo dipergunakan untuk latihan dayung dari Akademi Angkatan Udara (AAU). Jauh dari yang dijelaskan di atas, suguhan Waduk Sermo ini sungguh tidak diragukan lagi. Kamu yang senang dengan pemandang perahu, di sini adalah tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan tersebut.

Bukan hanya itu saja loh, spot-spot foto yang disajikan di Waduk Sermo ini juga keren dan instagrammabel banget. Ditambah dengan suasana yang syahdu, cocok untuk Anda yang ingin menciptakan kenangan romantis bersama pasangan, sahabat karib atau keluarga, semisal menyewa perahu atau berfoto dengan latar Perbukitan Menoreh yang indah. Dan satu lagi, di saat sore hari, sunset di Waduk ini sangat luar biasa loh, buktikan sendiri deh.