Toko Roti Djoen Toko Roti Legendaris di Yogyakarta

Yogyakarta merupakan surga bagi para pencinta kuliner, salah satu tempat wisata kuliner yang wajib kamu kunjungi di Kota Gudeg ini adalah Toko Roti Djoen. Namanya memang kurang populer terdengar di telinga masyarakat, tapi asal kamu tahu saja ya, toko roti yang satu ini sudah ada sejak zaman Jepang. Yakin kamu nggak kepo ada apa di dalamnya?

Sebut saja Malik, ia salah satu wisatawan yang pernah datang mengunjungi Toko Roti Djoen. Ia datang pada tanggal 17 Desember lalu, ditemani hujan rintik yang membasahi kawasan Malioboro, membuatnya tampak semakin syahdu dipandang mata. Ia mengaku agak menyesal karena ia tidak sempat menengok proses pembuatan rotinya secara langsung di dapur, karena waktu itu memang proses pembuatan sudah selesai. Tapi ia masih bisa berbincang-bincang dengan pemilik tokonya.

“Resep Roti Djoen dipertahankan secara turun-temurun. Sewaktu penjajahan Jepang, bahkan kami sempat memakai ketela sebagai bahan baku roti. Soalnya waktu itu gandum-gandum disita oleh mereka” itulah salah satu pernyataan yang paling penting didengar bagi Malik, pernyataan itu datang langsung dari pemilik toko, namanya Hardinah, usianya 83 tahun. ia adalah menantu dari Tandien Now, sosok yang memelopori Roti Djoen ini.

Roti-roti di sini tidak memakai bahan pengawet, jadi kamu tidak bisa menyimpannya lama-lama, maksimal sampai 4 hari saja. Malik sendiri mengaku ketagihan dengan roti yang bernama Roti Amandel, Roti Amandel berisi kacang dan gula yang dibalut dengan daging roti yang empuk serta tebal. Nikmat sekali menurutnya.

Hingga saat ini, Toko Roti Djoen masih memproduksi roti-roti kuno, Roti Amandel tadi adalah salah satu contohnya, selain itu ada roti sobek, omdeku, warwall dan roti susu. Kamu tahu roti pisang yang sering ada di toko-toko roti atau warung-warung? Percayalah, roti pisang itu mulai tercipta berkat Toko Roti Djoen yang jauh sebelum itu sudah mulai memproduksinya. O ya, toko roti ini mulai dibuka dari pukul 08.00 hingga 21.00, titik lokasinya relatif mudah ditemukan karena berada di kawasan Malioboro, yang tentunya sudah tidak asing lagi bukan namanya?