Tempat Wisata Goa Selarong Bantul

Kabupaten Bantul merupakan salah satu kabupaten yang ada Yogyakarta yang memiliki banyak tempat-tempat wisata menarik, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata air, dan lain sebagainya. Salah satu tempat wisata yang bisa kamu temukan di sini dalam jumlah yang tidak sedikit yaitu wisata goa, ya, terdapat banyak goa di kawasan Bantul ini. Salah satunya dan cukup populer di telinga masyarakat yakni Goa Selarong, karena goa ini termasuk salah satu dari sekian banyak goa yang ada di sini yang memiliki nilai sejarah yang amat berharga.

Di Goa Selarong ini kamu akan menemukan patung Pangeran Diponegoro, yang diletakkan di gapura sekaligus ditetapkan sebagai pahlawan Goa Selarong. Patung tersebut dipakaikan jubah hitam dengan posisi sedang menaiki kuda, patung itu dipercaya sebagai sebuah simbol perjuangan dan keberanian Pangeran Diponegoro, yang kala itu melawan tentara Belanda. Berkat hal tersebut Goa Selarong merupakan goa yang terkenal, karerna goa ini bekas benteng pertahanan Pangeran Diponegoro beserta pasukannya.

Goa selarong ini juga dahulunya digunakan sebagai markas persembunyian Pangeran Diponegoro, bentuk bukit ini adalah batu dengan 2 lubang. Konon, kedua lubang itulah yang dijadikan markas persembunyian besera pasukannya. Karena Pangeran Diponegoro kalah kuat dalam senjata dari Belanda, maka goa inilah beliau menyusun strategi perang gerilya. Ketika tentara Belanda itu melihat dari luar, nampak sekilas hanya seperti goa yang buntu, padahal Pangeran Diponegoro berada di dalamnya bersama pasukannya, alias tidak terlihat dari luar oleh tentara Belanda. Dipercaya, Goa Selarong ini seperti pintu gaib bagi Pangeran Diponegoro.

Goa Selarong terkenal cukup angker, terutama saat malam Selasa Kliwon dan malam Jumat Kliwon, di dalam Goa ini konon katanya sering terdengar suara gamelan yang sedang ditabuh. Terdapat dua buah sendang yang ada di Goa Selarong ini, yaitu Manik Moyo dan Umbul Moyo. Lebar yang dimiliki Goa Selarang ini hanya sekitar 3 meter saja dengan tinggi yang juga tidak terlalu tinggi, yaitu tidak lebih dari 2 meter dan panjanganya sekitar 3 meter. Dikarenakan goa ini berada di perbukitan kapur yang tingginya mencapai 35 meter, maka jangan heran lokasi Goa Selarong ini sangat curam dan untuk mencapainya pun kamu diharuskan untuk melewati beberapa ratus tangga sejauh 400 meter.