Tantang Adrenalinmu Dengan Melakukan Rock Climbing di Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta

Yogyakarta seakan tak pernah kehabisan tempat-tempat wisata yang Indah serta menawan, dan bukan Cuma itu saja, Yogyakarta juga terkenal dengan salah satu kota yang memiliki destinasi wisata terlengkap di Indonesia. Mulai dari wisata air, wisata pegunungan, wisata perbukitan, wisata air, wisata religi dan masih banyak lainnya. Berbicara wisata pegunungan, di Yogyakarta memiliki salah satu tempat yang lumayan populer, wisata yang dimaksud adalah Gunung Api Purba Nglanggeran.

Eits jangan salah tafsir ya, walaupun namanya Gunung Api Purba, gunung ini tidak tergolong kepada gunung aktif ko. Memang pernah sih, gunung ini dinyatakan sebagai gunung berapi aktif, tapi itu sekitar 60-70 juta tahun yang lalu menurut penelitan. Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran atau yang lebih biasa disebut Gunung Purba atau Gunung Nglanggeran ini, berdekatan dengan salah satu daerah yang terkenal akan kekayaan alam pantainya yaitu Gunung Kidul.

Bentuk Gunung Api Purba seperti batu raksasan yang menjulang dan membenang sepanjang kurang lebih 800 meter dengan ketinggian kurang lebih mencapai 300 meter. Gunung yang satu ini dikelola secara mandiri oleh warga sekitar dan pemerintah darah, tepatnya dikelola oleh Karang Taruna Bukit Putra Mandiri. Tempat ini sangat cocok bagi para ekspeditor, karena medan dan konturnya sangat mendukung bagi para penjelejah alam, tracking hingga panjat tebing.

Terdapat dua jalur yang bisa Anda lalui untuk sampai ke tempat ini, jalur pertama dari arah Wonosari dan rute yang diambil adalah jalan menuju Bunderan Sambipitu lalu ke arah Dusun Bobung, dan jalur kedua dari arah Kota Yogyakarta, Anda dapat melewati daerah Bukit Bintang Patuk, lalu ke arah Desa Ngoro-oro.

Gunung Api Purba sendiri memiliki dua puncak yang dapat Anda daki, yaitu puncak dengan ketinggian sedang dan puncak dengan ketinggian yang tinggi. Untuk yang sedang Anda hanya akan memakan waktu 30-40 menit untuk sampai ke atas, sedangkan kebanyakan pengunjung yang datang memilih jalur pendakian yang tinggi yang dikenal dengan puncak Gunung Gede, karena memang pemandangannya yang mempesona dan juga sering dijadikan arena Rock Climbing.