Tamansari Wisata Sejarah Kebanggaan Milik Yogyakarta

Slogan kota budaya yang tersemat pada Daerah Istimewa Yogyakarta memang sangat beralasan, faktanya terdapat puluhan, ratusan atau bahkan ribuan wisata budaya dan sejarah yang bernilai tinggi di sini. Arkeolog-arkeolog pun silih berganti berdatangan ke kota ini. Salah satu wisata sejarah dan budaya yang terkenal di Yogyakarta yaitu Taman Sari, sebenarnya destinasi wisata yang satu ini cukup mahsyur terdengar di telinga masyarakat, kamu termasuk salah satunya?

Salah seorang wisatawan mengaku pertama kali mengunjungi Taman Sari karena terpengaruh oleh konten channel youtube “Kisah Tanah Jawa”. Di dalam konten tersebut banyak menyinggung sejarah serta budaya dari sudut pandang metafisik, konon memang sangat kental terasa jika Anda berkunjung ke tempat ini.

Masih dengan wisatawan yang penulis maksud, ia mengaku lumayan gempor alias pegal, ketika menelusuri lorong demi lorongnya. Ada lorong bawah tanah, undak-undakan yang mengharuskannya mendaki, hingga anak-anak tangga yang tinggi nan banyak jumlahnya. Ia memasuki Taman Sari ini melalui Pasar Ngasem yang sekitarnya terdapat tulisan “Parkir Tamansari”, bukan lewat pintu utama. Bagi yang baru pertama kali datang ke tempat ini, mungkin akan terasa agak membingungkan.

Karena area Taman Sari ini cukup bercabang-cabang, alias seperti labirin, kemungkinan besar kamu akan kebingungan. Tapi tenang saja, jika kamu memiliki budget yang cukup dan merasa sayang jika melewati detail tiap sudutnya, kamu bisa menyewa pemandu yang rata-rata mematok harga Rp 50 ribu. Pemandu itu sangat ramah dan sabar dalam menanggapi setiap permintaan serta pertanyaan dari kamu.

Taman Sari sendiri dibangun pada 1684 (1784 M), pada masa itu Kasultanan Yogyakarta dipimpin oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I. Konon situs ini dibuat sebagai tempat pemandian anggota kerajaan serta dijadikan tempat rekreasi penghuni kerajaan, Tamansari juga dikenal sebagai tempat yang ekslusif bagi kalangan keraton. Terdapat 21 bangunan di situs Tamansari ini, tapi yang paling utama dan ikonik adalah Gedong Gapura Hageng, Gedong Gapura Panggung, Sumur Gumuling, Pasiraman Umbul Binangung, dan ada satu bangunan yang begitu unik yaitu Pulo Kenanga, bangunan itu sendiri merupakan bangunan tertinggi yang ada di Tamansari