Surga Air Terjun di Yogyakarta Bernama Curug Siluwok

Yogyakarta tidak sekadar tentang sebuah kota yang menyediakan banyak wisata budaya, kuliner, atau pantainya saja. Perlu Anda ketahui juga, Yogyakarta adalah satu tempat yang menyediakan banyak air terjun bak surga. Salah satunya yaitu Curug Siluwok, curug yang berada di salah satu kota wisata kebanggaan Yogya yakni di Kulon Progo ini, merupakan salah satu curug semakin ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Curug Siluwok ini berada di pinggir hutan yang sebagiannya dijadikan perkebunan yang juga milik warga setempat, dan sebagiannya lagi areanya dialihfungsikan sebagai tanah pertanian. Aliran Curug Silowok ini dialirkan ke sungai-sungai sekitar pedesaan yang kemudia dihubungkan dengan area persawahan.

Curug Siluwok ini tergolong curug yang tinggi tapi memiliki debit air yang tidak terlalu keras menghujam, sehingga aman untuk Anda yang ingin bermandi-mandi ria di sini. Ketinggian air terjunnya sendiri mencapai tinggi sekitar 20 meter, dan dengan kedalaman kolamnya yang tidak terlalu dalam, selagi dalam pengawasan, anak-anak pun cukup aman untuk berenang dan bermain air di sini.

Air terjun ini di kelilingin oleh terbing bebatuan yang tinggi, dengan pepohon hijau dan tentu sangat rindang. Jika Anda ingin berkunjung ke sini sebaiknya Anda memakai sandal gunung saja, dan membawa jas hujan, karena di sepanjang perjalan menuju ke Curug Silowok ini terbilang minim akan tempat berteduh jika hujan turun.

Curug Siluwok bisa dikatakan sebagai salah satu curug kebanggaan yang ada di Kabupaten Kulon Progo, karena memang curug satu ini menyuguhkan keindahan yang menjanjikan, Anda boleh membuktikannya. Sama halnya dengan curug-curug lain, untuk melihat keindahan airnya secara maksimal, sebaiknya Anda datang pada saat musim kemarau karena di musim hujan curug-curug biasanya akan terlihat lebih keruh.

Latar belakang curug ini sering dijadikan tempat foto prewedding loh, hal itu menandakan bahwa pemandangan yang disuguhkan di Curug Siluwok ini memang tidak mengecewakan. Jangan salahkan Curug Siluwok ya, kalau dia membuat Anda enggan untuk pulang cepat-cepat. hehe