Studio Alam Gamplong Wisata Budaya dan Sejarah Terunik di Yogyakarta

Yogyakarta bukan semata kota yang terkenal dengan gudegnya, karena jika kita berbicara Yogyakarta berarti kita tidak bisa lepas dengan segala hal mengenai budaya dan wisata. Ya, Yogyakarta seolah tak pernah habis menghadirkan tempat-tempat memukau yang layak dikunjungi.

Tak terkecuali dengan Studio Alam Gamplong, pernah dengar? Destinasi wisata yang dibangun pada akhir tahun 2017 ini tengah ramai dibicarakan khalayak umum, terkhusus untuk masyarakat Yogyakarta itu sendiri. Hal itu bukan tanpa sebab, karena bangunan-bangunan di seputar kawasan Desa Wisata Alam Gamplong ini memiliki struktur bangunan yang mencerminkan kehidupan Bangsa Indonesia pada abad ke 16 dan 17, sehingga saat kakimu menapaki kawasan ini aura-aura tempo dulu akan sangat terasa.

Desa Wisata Studio Alam Gamplong namanya kian santer terdengar, ketika tempat ini dijadikan setting lokasi untuk keperluan syuting film Sultan Agung The Untold Story. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo itu merupakan film dengan genre drama kolosial yang menceritakan tentang perjuangan Sultan Agung. Film ini dibintangi oleh Puteri Indonesia 2015, Anindya Putri, dengan mengambil setting abad ke 16 dan 17.

Studio Alam Gamplong sendiri dibangun oleh Mooryati Soedibyo, ia adalah pemilik dari Mustika Ratu Group, awalnya tempat ini dibangun memang untuk keperluan syuting film Sutan Agung The Untold Story. Namun seiring berjalannya, tempat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah dan lambat laun kian booming setelah digunakan kembali untuk keperluan syuting film selanjutnya, yakni Bumi Manusia. Film yang berdurasi hingga 3 jam ini ternyata banyak diminati para penonton, didukung dengan aktor kenamaan Indonesia yaitu Iqbal Ramadhan membuat film ini semakin laris di pasar perfilman Indonesia.

Semenjak dua film tersebut menjadikan Desa Wisata Alam Gamplong sebagai latar tempat syuting, dan ditambah dengan beredarnya poto-poto klasik yang bertebaran di media sosial. Studio Alam Gamplong mendapat julukan ‘Mini Hollywood’