Pesona Tebing Pantai Kobra

 

Bila kamu penggemar pantai sepi yang belum banyak terjamah pengunjung, dan dengan fasilitas seadanya, maka Pantai Kobra cocok untukmu. Hah, Pantai Kobra? Ya, kamu tidak salah dengar. Namun tenang saja, pantai ini bukan sarang kobra atau mempunyai legenda yang berhubungan dengan ular berbisa itu. Pantai ini sama belaka dengan pantai-pantai lain, yang membedakan adalah sensasinya.

Pantai Kobra terleta di Wiloso, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul. Di sini kamu akan mendapati sebuah pantai yang masih sangat alami dan masih asli. Dan pantai ini tidak berpasir putih. Panta ini banyak dipenuhi tumbuhan, rerumputan hijau yang luas dan sebuah  perbukit karst. Seperti banyak perbukitan karst yang juga mendominasi lansekap pantai-pantai di selatan Jawa.

Selain tidak berpasir putih, yang memebadakan Pantai Kobra dengan yang lainnya adalah tebing. Jadi, di sini kamu akan kesusahan bila hendak bermain air, karena kontur tanahnya yang tidak melandai, melainkan bertebing. Pantai seperti ini cocok untuk kamu yang hobi memancing sambil menikmati suasana alam dan debur ombak yang menabrak karang.

Atau bagi kamu penggemar sunset, kamu akan mendapati matahari terbenam yang menawan dari tebing pantai ini. Topografi pantai yang berupa perbukitan memang membuat hal ini mungkin, menikmati matahari terbenam tanpa terhalang pandangan.

Di sekitar pantai, terdapat hamparan rumput yang menyejukkan pandangan. Ditambah lagi, di sekitar pantai juga terdapat pepohonan yang dimiliki oleh penduduk setempat. Meski, menurut warga setempat, Pantai Kobra belum lagi dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Untuk kamu yang tertarik ke Pantai Kobra, dari Kota Yogya, kamu akan menempuh jarak sekitar 65 km atau satu jam perjalanan.