Pesona Pantai Sundak Gunung Kidul

Pantai Sundak merupakan salah satu pantai yang ada di Gunung Kidul yang wajib kamu kunjungi, selain hamparan pasir putihnya yang memukau air laut yang ada di Pantai Sundak ini pun tergolong bening serta bersih. Terdapat bukit pemisah antara Pantai Sundak dengan pantai-pantai lain yang ada di sekitarnya.

Di sebelah utara Pantai Sundak terdapat bukit batu karang dan batu kapur yang tingginya sekitar 12 meter, yang uniknya dari beberapa batu karang itu salah satunya kamu bisa menemukan sebuah lotong atau goa, untuk kamu yang ingin memasuki goa tersebut sudah disediakan pemandunya. Menurut sejarah, batu karang yang terdapat goa tersebut awalnya masih terendam air laut, bahkan, air lautnya meluas sampai ke wilayah masjid yang ada di sekitaran pantai ini.

Ketika kamu sampai di Pantai Sundak ini, kamu akan menemukan bebatun karang yang ukurannya kecil berjajar, batu-batu karang tersebut merupakan tempat persembunyian hewan-hewan laut yang kecil, dikarenakan bebatuannya terbilang taja, kamu pun harus tetap hati-hati. Untuk menikmati pemandangan seperti demikian, kamu diharuskan berjalan sampai sejauh 40 meter terlebih dulu ya. Bentuk-bentuk batu karang itu sangat unik dan lucu, karena bentuknya seperti payun.

Yang juga tidak boleh kamu lewatkan ketika mengunjungi Pantai Sundak ini adalah, terdapat fenomena alam yang unik. Akan tetapi, kamu hanya bisa melihatnya jika kamu berkunjung saat musim penghujan. Fenomena yang dimaksud yakni selain volume airnya menjadi lebih besar, akan terlihat aliran air yang mengalir ke lautan. Air lautan tersebut mengalir di sungai dan membelah pasir, maka dari itu daratan di sebelah timur pantai ini menjadi terbelah dan membentuk sebuah sungai.