Pesona Pantai Kukup Yang Menarik Untuk Kamu Kunjungi

Ketenaran Gunung Kidul sebagai surganya pantai memang sudah sangat santer. Kawasan ini dijuluki surganya pantai Selatan. Maka tak heran, sepanjang tahun daerah ini, terutama akhir pekan dan musim liburan, selalu saja pada didatangi para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri. Salah satu pantai terkenal di sini adalah Pantai Kukup.

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km dari Pantai Baron. Garis Pantai Kukup memang tidak terlalu panjang sebab di kanan kirinya diapit bebatuan karang. Meski begitu, Pantai Kukup tetap saja tak boleh dilewatkan dilewatkan. Pantai ini cocok untuk dijadikan tempat melepas penat dan peluh selepas beban kerjaan yang mendera. Di Pantai Kukup kamu bisa bermain pasir atau mengunjungi situs gua-gua karang alami yang banyak terdapat di sisi pantainya.

Pantai Kukup mempunyai gelar yang disematkan oleh para pengunjung dan menjadi semacam sebutan khas, sebagai Tanah Lot-nya Yogyakarta. Apa pasal? Bila di Tanah Lot terdapat sebuah pulau karang dengan pura di bagian atasnya, maka di sisi timur Pantai Kukup juga terdapat pulau karang yang terhubung dengan jembatan. Bedanya, di Pantai Kukup tidak terdapat pura sebagaimana Tanah Lot, melainkan sebuah gardu pandang berukuran sedang yang biasa dijadikan tempat beristirahat pengunjung setelah lelah bermain pasir dan ombak di pantai.

Untuk mencapai pulau karang, wisatawan terlebih dahulu mesti menaiki anak tangga dan mendaki bukit, kemudian menyeberangi jembatan dengan hempasan ombak besar di bawahnya. Dari gardu pandang ini wisatawan dapat menyaksikan bentangan Samudra Hindia menghampar dengan ombaknya yang bergulung-gulung menabraki karang. Meski gulungan ombaknya besar, di sejumah bagian terdapat hamparan air laut yang tenang. Jika kamu datang ketika musim sedang cerah dan baik-bainya, kamu bisa menyaksikan matahari terbit atau terbenam di ufuk cakrawala.

Selain pulau karangnya yang istimewa, Pantai Kukup juga merupakan tempat di mana biota laut berada, dengan aneka ragam bentuk dan jenisnya. Di pantai ini pun, ada banyak penjual ikan hias dengan koleksi ikan-ikannya yang lucu nan unik, yang tentu tidak bisa kita temukan di tempat penjual biasa. Lebih dari itu, kamu juga bisa melihat biota laut lainnya seperti aneka kerang warna-warni, bintang laut dengan kontur dan bentuk yang unik, hingga belut laut.