Pesona Candi Banyunibo Sleman Yogyakarta Yang Mengagumkan

Di daerah Kabupaten Sleman terdapat wisata bersejarah yang menarik untuk kamu kunjungi, wisata sejarah yang dimaksud ialah Candi Banyunibo. Candi Banyunibo ini berada dalam satu kawasan bersama wisata-wisata candi yang namanya sudah lebih dulu populer, di antaranya Candi Ijo, Candi Ratu Boko dan Candi Barong. Karena candi ini bercorakkan agama Budha, kamu akan menemukan sebuah stupa yang bertengger di atasnya. Awal ditemukannya Candi Barong ini masih dalam keadaan rusak, kemudian mulai didirikan kembali pada tahun 1940 an. Candi ini dibangun pada abad ke-9 di zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Salah satu keunikan dari candi ini adalah banyaknya hiasan atau ornamen-ornamen di setiap sudut dan sisinya, hampir kesemua bagian yang terdapat pada bangunan candi ini memiliki hiasan serta relief yang beraneka, walaupun banyak juga yang hiasannya sama. Candi utama di wilayah Candi Banyunibo ini terletak di antara ladang tebu dan persawahan, dengan posisinya yang menghadap ke arah barat. Di sekitarnya, terdapat enam buah perwira yang berbentuk stupa, letaknya ada di bagian selatan dan sebelah timur candi utama. Nama Banyunibo itu sendiri berasal dari makna air yang jatuh/menetes.

Dahulu, warga sekitar sering memanggil Candi Banyunibo ini dengan sebutan ‘Si Sebatang Kara Banyunibo’. Alasannya, karena candi ini letaknya terpisah dari candi-candi yang ada di sekitarnya, yang mayoritas berdamping-dampingan. Selain keunikan hiasan yang ada di dalamnya, Candi Banyunibo ini juga memiliki keunikan lainnya, yaitu adanya dua relief yang merujuk pada keberadaan Dewi Hariti, yang dalam kepercayaan agama Budha merupakan Dewi Kesuburan dan Vaisravana yang merupakan suami Dewi Hariti.

Di kawasan Candi Banyunibo ini pemandangan alam yang disuguhkannya cukup menarik untuk kamu nikmati, dan juga terdapat spot-spot foto yang kece. Pemandangan tenggelamnya mataharinya pun cukup apik untuk kamu abadikan, tempat ini jarang sepi dari pengunjung loh.