Pemandangan Sunset Apik di Candi Ijo Yogyakarta

Yogyakarta memiliki banyak pilihan alternatif untuk kamu yang meminati wisata-wisata candi, dan terdapat kawasan khusus yang menyediakan wisata tersebut, yaitu di bagian timur Yogyakarta. Di sana kamu akan menemukan banyak wisata candi yang namanya sudah populer seperti Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko, hingga candi-candi yang tersembunyi seperti Candi Sambisari, Candi Barong, Candi Plaosan, Candi Sojiwan, Candi Sewu dan masih banyak lagi. Dalam tulisan kali ini penulis akan membahas satu candi lainnya yang tak kalah menarik untuk kamu sambangi, namanya Candi Ijo.

Candi Ijo ini merupakan candi dengan lokasi paling tinggi di Yogyakarta, areanya dibangun di atas Bukit Hijau atau Gumuk Ijo. Dari atas sana kamu akan menikmati pemandangan yang apik serta sunset menawan yang membentang dengan keindahan alamnya. Candi Ijo letaknya berada di Kompleks Istana Ratu Boko, dikarenakan bangunannya yang berada di lereng bukit menjadikannya sebagai candi tertinggi yang ada di Yogyakarta.

Mengunjungi candi ini kamu akan dikrabi dengan pesawat-pesawat terbang yang sedang landing maupun tak off dari Bandara Adi Sutjipto, selain itu pemandangan yang disuguhkan dari ketinggian candi ini berupa area ladang masyarakat setempat yang terlihat rapi dan sangat hijau, pemukiman penduduk pun bisa kamu nikmati keindahannya dari atas sini. Ketinggian Candi Ijo ini mencapai 410 meter di atas permukaan laut, hal itu yang menjadikannya sebagai kawasan candi tertinggi dari kawasan-kawasan candi lainnya yang ada di Yogyakarta.

Jika kamu mengunjungi wisata candi ini, kamu akan mendapati sebuah teras yang di dalamnya terdapat prasasti-prasasti bebatuan. Menurut cerita, prasasti-prasasti yang ada di sana memuat mantra-mantra kutukan. Di sekitarnya, kamu juga akan mendapai area penambangan Batu Gamping, sebuah area yang memiliki tebing-tebing kapur berwarna putih, masyarakat mengenalnya dengan sebutan White Canyon, di sana spot foto yang ditawarkan cukup menjanjikan. Kalau bicara soal spot foto, disarankan untuk kamu datang pada waktu menjelang petang, karena pada saat itu kamu akan disuguhkan pemandangan bebatuan candi yang terguyu sinar senja.