Pantai Sedahan; Keindahan Di Balik Dataran Tinggi Gunung Kidul Yogyakarta

Kalau berbicara mengenai wisata pantai yang ada di yogyakarta, Gunung kidul adalah juaranya. Ya, daerah tersebut memang terkenal memiliki banyak pantai yang indah dan mempesona, sebut saja nama-nama pantai yang terkenal mulai dari Pantai Drini, Pantai Wohkudu, Pantai Ngobaran dan masih banyak lagi. Kali ini, kami akan membahas salah sahut pantai yang ada Gunung Kidul yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi, yaitu Pantai Sedahan. Walaupun namanya kurang populer, namun Pantai Sedahan ini memiliki panorama yang berani tanding dengan pantai-pantai beken yang ada di Gunung Kidul.

Pada kedua sisi Pantai Sedahan ini, terdapat terbing-tebing karang yang mengapit pantai dan menjorok ke tengah laut. Pantai yang satu ini terkenal sebagai lokasi memancing yang menyenangkan, maka tak heran banyak sekali pengunjung datang jauh-jauh den rela menyempatkan waktunya hanya untuk memancing ikan di Pantai Sedahan ini. Seperti pada umumnya pantai-pantai selatan, pantai ini juga memiliki arus dan deburan ombak yang kuat. Jadi disarankan untuk berenang terlalu jauh dari daratan ya.

Pantai sedahan ini termasuk salah satu yang memiliki garis pantai yang cukup luas dan panjang, sehingga area dan sekitar bibir pantainya cocok sekali untuk kamu jadikan arena bermain. Keindahan lainnya yang dimiliki Pantai Sedahan yaitu pasir putihnya yang halus serta air lautnya yang berwarna biru kehijauan, menandakan betapa beningnya air tersebut. Komposisi itu akan tampak sempurna manakala sinar matahari menimpa langsung ke arah permukaan laut, sebab kamu akan melihat seolah airnya menyala.

Yang tak kalah unik, sekaligus hal ini menjadi keunggulan khusus Pantai Sedahan ketimbang pantai-pantai lainnya yang ada Gunung Kidul yakni sering dijadikan tempat bertelurnya para penyu, beberapa penyu langka ada yang bertelur di tempat ini loh. Pantai ini masih tergolong sepi dari kunjungan wisatawan, dengan hal tersebut pula menjadikan pantai ini lebih asri serta belum banyak terlihat kerusakan-kerusakan yang diakibatkan ulah manusia. Jadi, kamu juga harus menjaga kebersihan serta ketertiban ya jika ingin mengunjungi Pantai Sedahan.