Pantai Peyuyon, Pantai Tersembunyi di Gunung Kidul

 

Gunungkidul memang terkenal dengan wisata airnya. Mulai dari pantai hingga jelajah sungai yang mengalir di bawah goa. Pantai kali ini belum begitu ramai dikunjungi karena tempatnya yang tersembunyi. Surga yang tersembunyi ini bernama Pantai Peyuyon. Lokasinya berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Peyuyon dikatakan baru karena baru dibuka tahun 2017. Akses menuju pantai ini juga belum begitu memadai. Meskipun begitu, perihal akses bukan masalah besar. Sebab bila kita sudah bertemu pantainya, maka segala penat dan lelah akan segera sirna. Itu semua karena suasana pantainya yang tenang dan damai.

Suasana pantainya membuat kita merasa menikmati pantai pribadi. Keberadaannya yang diapit oleh dua tebing kokoh berada di sisi barat dan timur. Pemandangan di pantai ini pun semakin menawan dengan rimbunnya pohon pandan di sekitar pantai.

Pantai Peyuyon menjadi rekomendasi untuk kalian yang suka camping. Tentu saja selain karena pemandangannya yang eksotis, adalah karena suasananya yang tenang. Sehingga terasa lebih menyatu dengan alam. Mendirikan tenda pun lebih baik tidak di area pasir karena mengantisipasi terjadinya air pasang. Sehingga baiknya mendirikan tenda di Bukit Widodaren.

Untuk mencapai Pantai Peyuyon, kita bisa melalui jalur yang sama dengan Pantai Ngrenehan. Sekitar 3 km dari Pantai Ngrenehan kita akan melalui medan berupa batuan kapur yang cukup terjal dengan deretan hutan jati di kanan-kiri jalan.

Dari area parkir kendaraan kita masih harus berjalan sekitar 500 meter untuk tiba di Pantai Peyuyon. Di sepanjang jalur tracking kita akan dimanjakan dengan suasana alam yang begitu damai dengan kicauan burung yang menemani. Tiba di ujung perjalanan, kita akan menuruni tebing setinggi kurang lebih 4 meter melalui tangga kayu sederhana dan langsung berada di bibir pantai. Sebuah perjalanan yang seru, bukan! []