Pantai Parangendog, Pantai Unik nan Mempesona Dengan Karang Berbentuk Telur

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki banyak keindahan pantainya, saat kamu mengunjungi kawasan Gunung Kidul, di sepanjang jalannya banyak sekali jajaran pantai yang bisa kamu nikmati, keindahannya pun cukup beragam dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Salah satunya adalah Pantai Parangendog, diberi sebutan Pantai Parangendog, karena di kawasan ini banyak sekali bebatuan yang menyerupai telur. Telur, dalam Bahasa Jawa artinya endog, sedangkan parang sendiri bermaknakan batu karang.

Selain kamu akan menemukan banyak sekali pemandangan bebatuan besar yang mirip telur, di sini juga akan disuguhkan denganĀ  perbukitan hijau yang luas dan mempesona. Perbukitan itu merupakan wilayah dataran tinggi Pegunungan Seribu, juga di pinggiran pantainya kamu bisa melihat tebing tinggi yang bernama Tebing Watugupit. Masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan nama Tebing Pantai Parangendog. Tidak seperti pantai-pantai selatan yang mayoritas memiliki ombak ganas, di pantai ini debur ombaknya terbilang tenang, sehingga para nelayan tak kuatir untuk menjadikannya sebagai kegiatan melaut.

Bukan hanya dijadikan sebagai aktifitas melaut para nelayan, para wisatawan juga banyak yang memanfaatkannya untuk berenang dengan leluasa. Pantai ini juga cocok bagi kamu yang hobi memancing, karena ikan-ikan yang ada di perairan ini terbilang cukup banyak dan bermacam-macam jenisnya. Kebanyakan dari mereka yang hobi memancing, melakukan aktifitasnya di pinggir pantai pada batu-batu pecahan karang. Setelah memancing, kamu juga diizinkan untuk membakar ikannya di area sekitar pantai, asalkan tetap menjaga kebersihan lingkungan ya.

Di Pantai Parangendog ini juga tersedia aktifitas olahraga yang bisa memacu adrenalinmu, yaitu paralayang. Tebing-tebing menjulang yang ada di sekitar pantai sangat cocok untuk mendukung kegiatan paralayang, kecepatan angin yang ada di sekitar pantai pun relatif stabil. Pantai ini juga terkenal akan keanekaragaman biota lautnya, beberapa di antaranya terdapa beragam jenis ikan yang cantik nan langka, kerang-kerangan serta rumput laut. Ada yang kurang rasanya jika panorama pantai tidak menyajikan spor sunset yang cantik, nah di sini juga terdapat spot foto favorit para pengunjung untuk mendapatkannya, yaitu di tebing Watugupit. Kamu bisa mencobanya dan membuktikan keindahannya.