Pantai Ngobaran, Pantai Keberagamaan Yang Harmonis

 

 

Kalau kamu yang sudah sedikit banyak mengenal Yogyakarta, pasti sudah tidak asing lagi bahwa terdapat satu daerah yang memiliki wisata pantai menarik yang tak terhitung jumlahnya, daerah tersebut tidak lain yaitu Gunung Kidul. Ya, di sini terdapat banyak sekali pantai-pantai indah dan menawan yang wajib kamu kunjungi, di sana juga terdapat satu wisata pantai yang cukup terkenal akan keunikan budaya dan alamnya, namanya Pantai Ngobaran.

Di Pantai Ngobaran ini kamu bukan sekedar mendapati pemandangan laut yang mempesona, tapi kamu juga benar-benar akan diajarkan arti dari nilai-nilai toleransi. Hal tersebut menjadikan Pantai Ngobaran sebagai pantai persatuan. Mengapa demikian? Karena jika kamu mengunjungi tempat wisata ini suasana perbedaan agama yang berjalan harmonis kental sekali terasa.

Maka tak heran sejauh mata memandang, kamu akan disuguhkan dua aktifitas keagamaan yang berjalan beriringan tanpa saling adanya rasa ganggu-mengganggu. Contohnya kamu akan sering melihat bagaimana umat muslim yang berangkat ke musholla untuk salat, dan umat hindu yang melakukan upacara di pura, bau sesajen dan dupa dari upacara adat itu cukup menyengat jadi kamu tak perlu kaget ya. Dengan keberagaman yang tampak nyata itu, cerminan sila ke-3 dari Pancasila sungguh teraplikasikan dengan baik di sini.

Konon, Pantai Ngobaran ini memiliki catatan sejarah yang masih erat kaitannya dengan Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Demak. Kala itu Raden Patah sedang menyerang Raja Brawijaya. Makna dari Ngobaran sendiri diambil dari kata kobaran, ya kobaran api. Wwal mulanya berkat sang raja tersebut tidak ingin bertarunf dengan anaknya sendiri, lalu memutuskan pergi dan menyusuri pantai setelah itu ia memutuskan untuk Ucal Muksa, yang artinya pembakaran diri.

Di samping nilai sejarah dan budayanya yang tinggi, tentunya Pantai Ngobaran juga memiliki spot-spot yang menawan. Di Pantai Ngobaran ini kamu bisa melihat berbagai macam patung atau arca siluet ketika matahari terbenam yang akan membuatmu terperangah saat menikmatinya. Saat kamu menyusuri pantai, pasti kamu akan menemukan arca-arca yang mirip dengan beberapa dewa, seperti Ganesha dan Syiwa. Siapkan kamera terbaikmu ya.

O ya, di sini juga kamu wajib mencoba kuliner laut yang terbilang langka loh, yaitu kuliner landak laut menurut pengakuan warga sekitar rasanya sangat nikmat. Jangan khawatir pula, selain kuliner landak laut, aneka menu seafood di sini cukup lengkap kamu tinggal memilih seleramu sendiri saja di sini.

Harga tiket masuk Pantai Ngobaran ini sangat murah, karena hanya dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah. Di tambah dengan biaya parkir sebesar 3 ribu rupiah untuk motor, dan 10 ribu rupiah untuk mobil. Bagi anda yang membawa bus, tarif parkir akan dikenakan biaya 20 ribu rupiah.