Pantai Mbirit, Surga Kecil yang Tersembunyi

 

 

Di Gunungkidul, kita tak pernah kehabisan tawaran wisata pantai. Selian terkenal dengan tebing karang yang menjulang, pasirnya yang putih, juga banyak yang seru untuk dijadikan tempat berkemping.

Kali ini kita akan dibawa ke surga, yang, lagi-lagi tersembunyi. Namanya Pantai Mbirit. Pantai Mbirit disebut surga yang tersembunyi karena lokasinya memang agak tersembunyi, cukup jauh dari hiruk pikuk kota. Dan pantai ini sangat cocok dikunjungi ketika libur tiba.

Pantai Mbirit memang tidak seluas pantai yang terkenal, pantai baron. Meski demikian, rasanya sangat disayangkan bila tidak berkunjung kemari. Mengapa? Karena kita akan diajak menyaksikan surga kecil yang tersembunyi, yang diapit oleh dua buah bukit karang. Di Pantai Mbirit ini suasananya terbilang sunyi.

Untuk bisa mencapai pantai ini, kita menempuh waktu 2 jam dari kota Jogja. Rute paling mudahnya mengikuti jalur Pantai Ngeden. Sebelum Pantai Ngeden akan ada pertigaan dan kamu harus mengambil arah kanan, menuju Pantai Butuh. Setelah bertemu area parkir kawasan pantai, pengunjung memarkir kendaraannya lalu berjalan kaki melewati perbukitan, sampai tiba di Pantai Mbirit sekitar 15 menit.

Menuju Pantai Mbirit kita perlu merogoh kocek sebesar Rp.10.000,- sebagai biaya retribusi per-orang. Kemudian membayar parkir seharga Rp.2000,- untuk motor dan Rp.5000,- untuk mobil.

Ketika mengunjungi Pantai Mbirit, alangkah baiknya kita membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah. Karena tidak banyak pedagang makanan, juga minuman sangat penting untuk bekal perjalanan demi menghindari dehidrasi. Dan fasilitas di pantainya pun belum begitu memadahi.

Meskipun belum terkelola dengan maksimal, bukan berarti pengunjung berhak membuang sampah sembarangan. Sediakan kantong plastik dalam tas untuk menyimpan sampah makanan dan minuman. []