Pantai Glagah Pantai Kebanggaan Kabupaten Kulon Progo Yang Akan Membuatmu Nagih Untuk Mengunjunginya

 

 

 

 

Kabupaten Bantul dan Kapubaten Gunung Kidul masih menjadi daerah favorit bagi para pelancong atau para wisatawan yang datang ke Yogyakarta, karena di dua kabupaten tersebut memang menyajikan banyak destinasi wisata, apalagi dengan wisata pantainya, sudah sangat familiar tentunya bagi Anda yang mengenal Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tapi tahukah Anda bahwa selain Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunung Kidul, terdapat satu kabupaten lain di Yogyakarta yang juga memiliki wisata pantainya yang begitu memukau. Pantai yang dimaksud adalah Pantai Glagah, sebenarnya pamor Pantai Glagah juga cukup luas terdengar, baik oleh masyarakat luas apalagi oleh warga Yogya sendiri.

O ya, kabupaten yang dimaksud yaitu Kabupaten Kulon Progo. Lalu apa keistimewaan dari Pantai Glagah dibanding Pantai Parangtritis di Bantul atau Pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul? Tentu banyak sekali, bahkan Pantai ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki pantai-pantai lain yang ada di Yogyakarta. Apa itu? Yaitu adanya tetrapood.

Tetrapood atau Sea Wall yang fungsinya adalah untuk memecah ombak yang menerjang deras bibir pantai, menjadi spot favorit bahkan pernah menjadi spot terbaik di Yogya loh. Maka tak heran banyak para wisatawan yang jauh-jauh datang ke sini hanya untuk mendapatkan spot Sea Wall tersebut. Selain itu ada dermaga yang menjorok ke laut, sehingga Anda bisa merasakan sensasi tengah lautan tanpa harus menceburkan diri.

Tidak berhenti sampai di situ, di Pantai Glagah ini juga terdapat banyak laguna yang tidak semua pantai di Bantul maupun Gunung Kidul memilikinya, laguna merupakan cekungan yang kemudian terisi air sehingga membuat bentukan kolam alami. Laguna yang ada di Pantai Glagah ini pun terbentuk secara alami karena cekungannya terisi air laut pasang, tidak seperti laguna pada umumnya yang terbentuk akibat batuan karang atau semacamnya.

Laguna tersebut banyak dijadikan wahana perahu kayuh, sampan kecil atau kano, selain itu juga bagi Anda yang hobi memancing, laguna di Pantai Glagah ini pun menjadi tempat yang tepat. Karena Ikan yang ada di laguna itu cukup beragam, mulai dari Nila, Betutu, Gabus, Kakap Bakau hingga Belanak. Tidak berhenti sampai di situ loh, Anda juga bisa berkeliling menggunakan Atv atau Motocross di pantai ini, lengkap bukan?