Pantai Baros; Pesona Alam Dengan Keindahan Hutan Mangrove dan Pohon Bakau

Kabupaten Bantul merupakan salah satu kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal memiliki banyak destinasi pantai yang mempesona, tak heran di kabupaten ini setiap harinya selalu dipadati para wisatawan dari berbagai macam daerah. Salah satu pantai di Bantul yang menarik untuk kamu kunjungi yaitu Pantai Baros, keunikan dari pantai ini yaitu dikelilingi oleh pemandangan lain selain pantai, yakni pemandangan hutan mangrove, dan sering dikerumuni oleh burung-burung yang bertengger di ranting pohon bakau di sekitar pantai.

Sama seperti kebanyakan pantai-pantai yang ada di Bantul, Pantai Baros juga menyuguhkan pesona sunset yang membikin perasaanmu hangat. Udara di sini pun, terkenal segar karena berada di tepian Sungai Opak. Hutan mangrove yang ada di sini juga sering dijadikan sebagai kawasan ekowisata, yang setiap harinya hampir selalu diminati pengunjung. Pantai Baros ini tergolong ramai dikunjungi wisatawan, tidak hanya pada hari libur, hari-hari biasa juga tak kalah ramainya loh.

Spot-spot foto yang bisa kamu ambil di kawasan ini relatif banyak pilihannya, tidak hanya pemandangan pantai dan sunsetnya yang memang terkenal apik, tapi juga banyak dari mereka yang senang menjadikan burung-burung yang bertengger di rantaing pohon-pohon bakau sebagai latar potonya. Dan tentunya, pemandangan hutan mangrove tersebut masih menjadi primadona bagi pencinta swafoto atau para fotografer. Sangking apiknya spot-spot foto di daerah ini, banyak dari masyarakat yang menjadikan tempat ini sebagai foto prewedding. Diyakini, latar pohon bakau itu memberikan kesan romantisnya tersendiri.

Selain pemandangan pantai, hutan mangrove atau pohon-pohon bakau, di sini juga telah difasilitasi dengan pembelajaran menanam pohon bakau yang akan dipandu langsung oleh instruktur-instruktur berpengalaman. Kamu juga bisa menjadikan area pantai ini sebagai tempat camping bersama kawan-kawanmu ya, dan yang terpenting kamu harus jaga kebersihan dan ketertiban yang sudah lama dirawat dengan baik oleh pengelola dan masyarakat sekitar ya.