Panorama Yang Memukau Ada di Pantai Ngrenehan

Kabupaten Gunung Kidul selalu menjadi primadona bagi para wisatawan, salah satu kabupaten kebanggaan yang dimiliki Kota Yogyakarta ini memang menyimpan sejuta keindahan wisata pantainya. Pantai-pantai yang ada di sana pun sangat beragam, kamu tinggal memilih wisata pantai yang seperti apa yang kamu inginkan, di sini dijamin lengkap. Mulai dari pantai yang sudah termahsyur namanya seperti Pantai Baron, Pantai Drini, Pantai Siung dan yang lainnya, hingga pantai-pantai yang belum terkenal. Nah, salah satu pantai yang belum banyak diketahui, tapi keindahan alamnya sangat berpotensi ada di Pantai Ngrenehan.

Saat kamu sampai di Pantai Ngrenehan ini, kamu akan segera disuguhkan dengan pemandangan pantai yang bernuansakan klasik, dan tentunya ditambah dengan keindahan alam pantainya seperti pada umumnya. Di pantai ini juga selain kamu bisa menikmati pasir putihnya yang jernih, juga kamu bisa melihat gagahnya tebing-tebing yang ada di sekelilingnya. Di tambah, kamu juga akan ditawarkan pemandangan perahu para nelayan yang saling bertautan dengan pepohonan dan laut biru. Terasa sempurna bukan?

Yang unik, sekaligus menjadi ciri khas dari pantai ini adalah, kau bisa melihat bagaimana indahnya kumpulan batu karang yang berada di sekitar pantai yang membentuk seperti teluk. Di pantai yang satu ini terdapat tempat pelelangan ikan, jadi jika kamu berminat mendapatkan harga ikan yang relatif murah kamu bisa ikut andil dalam pelelangan ikan tersebut, dan yang pasti ikannya segar-segar loh. Di sini juga kamu tak perlu asing dengan pemandangan cangkang kecil di sekitar bibir pantai, yang jika dilihat dari kejauhan nampak menyerupai koral laut.

Konon, nama Pantai Ngrenehan itu sendiri merupakan pemberian dari Raden Fatah yang kala itu menjabat sebagai Raja Demak. Saat itu, Raden Fatah mengunjungi pantai ini untuk mencari ayahnya yang melarikan diri bersama istrinya, karena menolak untuk menjadi seorang muslim. Pencarian Raden Fatah itu disebut-sebut sebagai sesuatu yang nihil. Maka sejatinya kata Ngrenehan itu mempunyai arti ‘sini’ dari asal kata ‘reneh’, kata tersebut dipercaya sebagai suatu ajakan, ajakan untuk Raden Fatah itu sendiri untuk mendatangi pantai ini.