Panorama Indah Bukit Karst dan Kebun Melon di Pantai Porok

Sudah biasa manakala wisata pantai menawarkan panorama indah untuk berburu sunset. Namun mana lagi bila pantai kali ini dipadukan dengan perkebunan melon? Di Gunungkidul, Pantai Porok bukan hanya indah dengan pasir pantainya yang putih, tapi juga dengan kawasan karst atau bukit-bukit karang. UGM merintis perkebunan melon yang pertama di kawasan Gunungkidul ini sekitar tahun 2012. Sebuah pemandangan yang unik, mengunjungi sebuah pantai yang berdampingan dengan perkebunan melon.

Pantai Porok terbilang cukup luas. Banyak pohon cemara uang di sepanjang pantainya yang baik dimanfaatkan untuk sarana berteduh. Sementara pohon pandan tertanam sebagai batas wilayah tanah dan pasir.

Fasilitas di Pantai Porok terbilang cukup memadahi. Antara lain area parkir, kamar mandi, dan warung penjuan makanan sudah ada. Membawa bekal sendiri pun barangkali lebih menambah sensasi berpiknik sambil menikmati makanan, berteduh di bawah pohon cemara udang, dan ditemani hembus semilir angin.

Pantai Porok beralamat di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Atau kita bisa mengikuti rute dari Google Maps. Dari Kota Jogja kamu butuh waktu sekitar 1,30 menit untuk sampai, dengan menempuh jarak sekitar 70 km.

Seperti pantai-pantai di Gunungkidul pada umumnya, kita dikenai biaya retribusi sebesar Rp.!0.000,- per-orang. Selain itu juga biaya parkir Rp.2000,- untuk kendaraan motor dan Rp.5000,- utnuk mobil.

Untuk sampai di pantai ini, kita parkir di Pantai Sepanjang. Kemudian kita musti jalan kaki beberapa menit saja melewati bukit yang menanjak cukup tinggi. Tapi Setibanya di pantai, rasa lelah akan segera tergantikan dengan rasa kagum. []