Nikmati Kesegaran dan Kesejukan di Air Terjun Tlogo Muncar

Di setiap dareah serta Kabupaten yang ada di Yogyakarta memiliki ragam tempat-tempat wisata yang menarik, dan sering membikin penasaran bagi para wisatawan maupun pelancong, mulai dari wisatawan domestik hingga wisatawan mancangera. Dan dari tiap-tiap tempat wisata yang tersedia di Yogya, banyak yang masih terjaga keasrian dan keasliannya. Salah satu daerah di Yogyakarta yang memiliki tempat seperti itu ada di darah Kabupaten Sleman, lokasinya berada di lereng Gunung Merapi.

Air Terjun Tlogo Muncar berada di ketinggian 878 meter di atas permukaan laut, tak heran lokasi ini terasa agak dingin sebab suhu udaranya mencapi 20 hingga 25 derajat celcius. Tinggi Air Terjun Muncar sendiri berada di ketinggian 30 sampai 40 meter, tapi jangan karena suhu udaranya yang cukup dingin menahan Anda untuk mengunjunginya, karena Anda akan menyesal jika tidak melihat keindahan dan kejernihan Air Terjun Tlogo ini.

Ya, kesegaran air terjun yang satu ini membuat Anda akan merasa betah untuk tinggal. Selain lebih indah jika Anda datang saat musim hujan, juga air terjunnya akan lebih mengalir dengan deras ketimbang musim penghujan. Tempat ini cukup direkomendasikan untuk segala jenis usia, tak terkecuali anak-anak, karena di sini terdapat taman rekreasi untuk mereka.

Di area Air Terjun Tlogo Muncar ini juga terdapat monyet-monyet liar yang cukup menggemaskan, bukan hanya latar belakang air terjun yang bisa Anda abadikan untuk dijadikan moment, monyet-monyet itu juga akan menjadi sensasi tersendiri dan hasil jepretan yang unik dan antimainstream. Sebagai informasi, air yang mengalir di air terjun ini berasal dari lereng Bukit Plawngan, satu kawasan dengan daerah Kaliurang.

Menurut cerita, Air Terjun Tlogo Muncar ini diyakini oleh masyarakat sekitar sebgai tempat yang pada zaman dahulu kala digunakan salah seorang putri dari Dewi Condrokirono, seorang dewi yang hidup pada masa kerajaan Majapahit. Sebagian keyakinan yang melekat di Air Terjun Tlogo dari warga sekitar yakni dapat membuat wajah menjadi awet muda jika mandi di air tersebut serta konon dipercaya dapat menghilangkan kepenatan dalam diri manusia.