Museum Wayang Kekayon; Kekayaan Budaya Wayang Yang Lengkap

Bagi kamu pencinta sejarah dan kebudayaan, apalagi pencinta seni tradisional, tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. Selain sarat akan nilai kebudayaan, tempat wisata ini juga banyak memberikan kita pelajaran berharga akan kekayaan karya anak bangsa. Tempat wisata yang dimaksud yaitu Museum Wayang Kekayon, seperti namanya, museum ini banyak sekali suguhan-suguhan wayang yang menarik untuk kamu ketahui.

Terdapat banyak koleksi wayang di museum ini, beberapa di antaranya adalah Wayang Madya, Wayang Klithik, Wayang Thengul, Wayang Purwa, Wayang Suluh, Wayang Beber, dan masih banyak lagi wayang-wayang lainnya. Di setiap wayangnya tentu saja memiliki makna dan arti sejarahnya masihng-masing, sebut saja Wayang Suluh, ia memiliki makna bagaimana perjuangan Bangsa Indonesia untuk merebut kemerdakaan atas negara-negara yang pernah menjajahnya.

Museum Wayang Kekayon ini berdiri pada tahun 1990, koleksi di dalamnya mulai dari sejarah wayang pada abad ke 6 masehi hingga abad ke 20, dan juga bahan yang dipakai mulai dari kertas, kayu, kain, hingga kulit. Keunikan lainnya yang ada di museum ini adalah, terdapat beberapa poster yang menggambarkan strategi perang, strategi tersebut adalah Strategi Sapit Urang dan Strategi Gajah. Strategi-strategi itu dipakai pada saat perang Baratayuda antara Pandawa dan Kurawa.

Terdapat 9 unit yang ada di Museum Kekayon ini, beberapa di antaranya yaitu, pada unit pertama dan kedua terdapat koleksi Wayang Purwa Gaya Yogyakarta. Koleksi-koleksi Wayang Purwa ini terbilang sangat lengkap, mulai dari wayang tua sampai wayang yang sudah masuk ke era desain sederhana, selain itu terdapat juga manekin, manekin itu adalah Raden Gatotkaca yang tersimpan di dalam kotak besar. Hingga kini koleksi Wayang Purwa masih sangat terawat. Dan masih banyak lagi aneka koleksi wayang di setiap unitnya.

Museum Wayang Kekayon ini berada di kawasan pembelajaran bagaimana mencintai lingkungan dan kebangsaan, serta merawat, melestarikan hingga mengembangkannya agar terus diminati kawla muda. Di sekitar kawasan museum ini juga kamu tidak perlu kaget dengan suguhan lingkungannya yang sejuk dan terasa nyaman, dengan iringan kicauan burung-burung yang tak pernah henti berdatangan.