Museum Ullen Sentalu; Salah Satu Museum Terbaik di Yogyakarta

Di Yogyakarta, selain ada Museum Monumen Jogja Kembali, Museum TNI AU, Museum Affandi, ada juga satu museum terbaik lainnya yang dimiliki Bangsa Indonesia, yang wajib kamu kunjungi. Namanya Museum Ullen atau Museum Ullen Sentalu. Di sini kamu akan diberikan wawasan lebih mengenai kebudayaan Jawa hingga peninggalan-peninggalan Kerajaan Mataram. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Merapi, membuat tempat ini kental akan tasa sejuk dan damainya, ditambah dengan udaranya yang jeuk serta suasananya yang hening membuat tempat ini menjadi lebih syahdu.

Museum Ullen ini memiliki bentuk arsitektur yang unik, yakni bangunannya yang menyatu dengan alam serta dikelilingi dengan pepohonan yang rimbun. Museum ini akan terasa beda dari museum-museum kebanyakan, karena kondisinya yang seolah menyatu dengan alam. Walaupun di dalam ruangan ini memiliki spot-spot foto yang menarik, kamu tidak diperbolehkan untuk membawa kamera sepanjang tour museum, demi nilai privasi dan juga sudah menjadi kebijakan dari pihak museum. Tapi, setelah tour museum kamu selesai kamu dipersilakan untuk berfoto ria di luar ruangan museum, yang spot serta bangunannya tak kalah instragammable buatmu.

Museum Ullen Sentalu ini memiliki koleksi sejarah yang cukup lengkap di setiap ruangannya, beberapa di antaranya yakni terdapat seperangkat alat gamelan, lukisan tokoh-tokoh yang mewakili 4 figur Dinasti Mataram yang ada di ruang Guwo Selo Giri. Ada juga beberapa koleksi yang ada di Ruang Kampung Kambang seperti koleksi batik, syair hingga album hidup anggota Kerajaan Mataram. Selain itu ada juga ruang yang diberi nama Ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa yang merupakan bagian outdoor dari Museum Ullen Sentalu.

Setelah lelah berkeliling menyusuri sudut-sudut museum, kamu bisa mencicipi wisata kuliner yang ada di sekitar area museum ini. Terdapat restoran yang bernama Restoran Beukenhof yang memiliki arsitektur dengan gaya gothic, menu-menu di dalamnya cukup unik yaitu menu dengan pilihan ala western maupun menu masakan khas tradisional.