Museum Ullen Sentalu; Musseum Terbaik di Indonesia

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu museum terbaik di Indonesia, di museum ini tersimpan berbagai koleksi berharga seputar budaya Jawa sejak massa Kerajaan Mataram. Saat kamu memasuki area ini kamu akan disambut dengan hawa sejuk yang khas, ditambah suasananya yang hening dan menyatu dengan alam pegunungan semakin menambah kesan khidmat, tenang dan damai. Museum Ullen Sentalu berlokasi di Jalan Boyong, di daerah Kaliurang.

Salah satu daya tarik dari museum ini terletak oada bangunan arsitektur vernakular yang menyatu dengan alam, juga dikelilingi oleh rimbon pohon-pohon. Suhu di kawasan museum ini berada di angka 15 – 24 derajat celcius. Di tempat ini di setiap sudutnya terdapat banyak spot foto menarik yang bisa kamu rekam, menyandang status sebagai museum terbaik tentu layanan serta fasilitas yang tersedia sudah terbilang mumpuni.

Terdapat beberapa ruangan yang masing-masingnya menyimpan koleksi sejarah yang beragam, di antaranya ada Ruang Seni dan Gamelan yang berisikan seperangkat koleksi peralatan musik gamelan. Ada juga Ruang Guwo Selo Giri yang memamerkan lukisan-lukisan yang mewakili 4 figur Dinasti Mataram, lalu ada Ruang Kampung Kambang yang berisikan koleksi batik, album hidup GRKay. Siti Nurul Kusumawardhani hingga koleksi syair-syair. Selanjutnya ada museum yang bertemakan outdoor, keberadaannya berada di Ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa.

Setelah lelah mengitari setiap sudut museum, kamu bisa bersantai dan beristirahat sembari menikmati aneka menu lezat yang memiliki arsitektur bangunan ala gothic. Restoran itu bernama Restoran Beukenhof. Kamu akan benar-benar merasakan kenyamanan sempurna di Museum Ullen Sentalu ini. Harga tiket masuk ke museum ini sebesar 30 ribu untuk dewasa, dan 15 ribu rupiah untuk anak-anak. Dibuka pada pukul 08.30-16.00 di hari Senin hingga Jumat, dan 08.30-17.00 pada hari Sabtu dan Minggu.