Museum History of Java; Piramida Museum yang Modern dan Menyenangkan

Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal sebagai kota yang kaya akan sejarah dan kebudayaan, tak heran ketika berkunjung ke wilayah ini kamu akan menemukan banyak sekali museum yang tersebar di beberapa titik wilayah DIY. Beberapa nama museum yang sudah dikenali masyakarat luas yaitu Museum Affandi, Museum Dirgantara, Museum Ullen Sentalu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain nama-nama yang telah disebutkan, belum lama ini Yogyakarta kembali menghadirkan sebuah museum yang memiliki daya tarik yang berbeda dari museum-museum lainnya, museum yang dimaksud adalah Museum History Of Java. Faktor yang paling menjadi pembeda museum ini dari museum-museum lainnya yaitu Museum History of Java lebih mengedapankan teknologi modern, yang tidak banyak kita temukan pada museum-museum yang ada di Jogja.

Walaupun demikian, museum ini tidak menghilangkan unsur-unsur budayanya, terlebih unsur budaya jawa. Dibuat dengan lebih modern tujuan utamanya sebenarnya lebih kepada untuk menarik perhatian pengunjung, khususnya bagi para milenial. Perlu kamu tahu, museum ini sebelumnya merupakan sebuah cafe yang bernama Pyramid Cafe. Museum History of Java masih terbilang baru dibuka secara umum, tepatnya pada Desember tahun 2018.

Meskipun belum lama dibuka namun Museum History Of Java ini disebut-sebut sebagai salah satu museum terbaik di Yogyakarta, bahkan Menteri Kebudayaan Thailand Vira Rojpojchanarat dalam kunjungannya ke museum ini beberapa waktu yang lalu mengungkapkan kekagumannya terhadap museum ini. Vira Rojpojchanarat mengaku terpesona dengan bangunan serta koleksi yang dimiliki oleh Museum History Of Java ini.

Dari sekian banyak teknologi modern yang dimiliki oleh museum ini, Augmented Reality menjadi yang paling diminati oleh para wisatawan. Cara kerja dari Augmented Reality ini cukup mudah, sobat semua bisa menginstall aplikasi Augmented Reality Museum ini di Play Store selanjutnya silahkan mengarahkan handphone sobat semua pada gambar yang ada di dinding museum maka secara otomatis gambar yang tadinya hanya terlihat diam biasa saja akan muncul di handphone sobat semua dalam bentuk 3D dilengkapi dengan audio dan efek sehingga terlihat seperti nyata. Museum ini akan mematahkan anggapan bahwa berwisata ke museum itu monoton atau membosankan, di sini kamu akan merasakan sebaliknya, yaitu menyenangkan.