Merasakan Suasana Inggris di Stonehenge Cangkringan, Yogyakarta

Para pemburu spot foto instagramable kini beramai-ramai mengunjungi Stonehenge Cangkringan demi mendapatkan suasana foto seperti di Stonehege Inggris. Untuk sampai di lokasi ini bila ditempuh dari Kota Yogyakarta membutuhkan waktu sekitar 1 jam hingga lebih dengan jarak sejauh 30 kilometer.

Rute dari Yogyakarta adalah dengan mengambil jalur menuju Jalan Kaliurang (Jakal), kemudian menuju ke Kaliadem. Setelah sampai di wilayah Bebeng dan kemudian akan tiba di Dusun Petung. Nantinya sebelum sampai, kita akan menemukan warung Kopi Merapi di sebuah ujung pertigaan dan melanjutkan perjalanan hingga ke timur menuju lokasi Stonehenge. Kita tidak perlu khawatir tersesat, sebab di sepanjang jalan sudah dipasang papan petunjuk.

Lokasi tepatnya berada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kita bisa mengendarai kendaraan pribadi. Namun akan lebih aman dan memperoleh sensasi lebih dalam perjalanan apabila kita menyewa jeep. Karena kondisi jalanan yang tidak beraspal. Kawasan Stonehenge ini berada di kawasan rawan bencana 3.

Di Stonehenge, waktu terbaik untuk menikmati suasananya adalah pagi hari. Biasanya ketika pagi, kita akan dapat menyaksikan kegagahan Gunung Merapi yang juga menjadi latar belakang pemandangan indah di Stonehenge. Tetapi jika cuaca sedang tidak bersahabat, kita tidak akan dapat menyaksikan kemegahan Merapi karena terhalang kabut.

Kawasan Stonehenge ini berada satu wilayah dengan The Lost World Castle. Harga tiket masuk untuk Stonehenge Cangkringan ini sebesar Rp.10.000,- per-orang.