Menyusuri Legenda Keberkahan Cinta di Candi Plaosan

Terdapat banyak wisata cagar budaya yang bisa kamu kunjungi di Daerah Istimewa Yogyakarta ini, salah satunya adalah Candi Plaosan, candi ini juga terkenal dengan sebutan candi kembar. Terdapat dua candi di sana, yang berdiri di sebelah selatan bernama Candi Plaosan Kidul, dan satu candi lainnya yang berdiri di sebelah utara bernama Candi Plaosan Lor. Kedua candi tersebut memiliki bentuk serta ukuran yang sama, jarak antara kedua candit itu terpisah sekitar 20 meter yang dipisahkan oleh tembok pembatas yang mengelilingi masing-masing candi tersebut.

Di sana kamu akan mendapati pahatan gapura yang cukup besar, fungsinya adalah sebagai jalan keluar dan jalan masuk menuju halaman masing-masing Candi Plaosan. Terlihat dari bentuk dan struktur bangunannya, Candi Plaosan merupakan paduan yang mencorakkan kebudayaan Hindu dan Budha. Pembeda dari keduanya bisa dilihat dari bentuknya, jika kamu melihat candi dengan bangunannya yang menjulang tinggi berarti ia adalah Candi peninggalan Hindu, sedangkan untuk bangunan yang memiliki dasar candi dan strukturnya yang lebar berarti ia adalah Candi peninggalan Budha.

Yang membedakan dari kedua candi kembar lainnya adalah adanya relief dan ornamen yang memiliki bentuk dan coraknya tersendiri. Candi kembar tersebut memiliki ukuran panjang 15 meter, lebar 10 meter dan tinggi 15 meter. Menurut kepercayaan setempat, bagi siapa saja yang mengunjungi candi ini maka akan didatangkan keberkahan dari cinta pasangan Rakai Pikatan dengan Pramudya Wardani, kepercayaan lainnya ialah mendatangi candi ini dapat dikaruniai keturunan bagi pasangan yang belum dianugrahi keturunan. Konon, pengunjung yang memiliki harapan demikian sebaiknya dipanjatkan sebanyak tiga kali berturut-turut pada malam Jumat Kliwon atau malam Selasa Kliwon.

Area wisata Candi Plaosan ini berdekatan dengan rumah sakit, kantor kelurahan, kantor kecamatan, sekolah dan rumah ibadah. Bagi kamu yang mencari tempat penginapan di dekat kawasan ini, sudah tersedia tempat penginapan selain itu telah tersedia juga fasilitas taman bermain di kawasan ini. Tiket masuk menuju Candi Plaosan ini sangatlah murah dan meriah, kamu hanya perlu mengisi buku tamu dengan diminta biaya seikhlasnya. Namun untuk biaya parkir tetap dikenakan rupiah ya.