Menyusuri Keindahan Alam Bawah Tanah di Goa Tanding Gunung Kidul

Saat kamu mengunjungi kota yang terkenal akan gudegnya ini, tidak ada salahnya kamu mampir ke salah satu tempat wisata yang satu ini, dijamin deh.. bisa membuatmu ketagihan untuk mendatanginya lagi, apalagi kamu seorang traveller dan seorang petualang. Wisata tersebut yaitu Goa Tanding, lokasinya berada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Di sana sebenarnya terdapat goa yang cukup populer di kalangan wisatawan, tidak lain dan tidak bukan adalah Goa Pindul. Namun Goa Tanding tak kalah menarik, di goa ini pun panjang dan ruang goanya memiliki ruas yang lebih besar ketimbang Goa Pindul.

Menurut cerita Goa Tanding ini mulai ditemukan oleh masyarakat sekitar yang bernama Mbah Harto Tanding beserta keluarganya, hal itu bermula ketika Mbah Harto ingin membuat sumur dan menamainya dengan Sumur Tanding. Semakin dalam dan semakin dalam ia menggali, alih-alih ingin mendapatkan sumber mata air, linggis yang dipakai untuk menggalinya malah menembus rongga yang menghunjam perut bumi. Maka dinamakannya Goa Tanding ini, konon hasil dari penemuan dari seseorang yang bernama Mbah Harto Tanding.

Goa Tanding ini memiliki kedalaman air yang mencapai hingga 4 meter, kemudian tinggi dari permukaan air sampai atap goa mencapai 5 hingga 16 meter. Goa Tanding ini pun lebih luas dan panjang ketimbang Goa Pindul yang lebih dahulu populer, jika kamu ingin menikmati wahana susur goa waktu yang akan kamu habiskan sekitar 1 jam 30 menit, karena jarak susurnya mencapai 460 meter. Kamu bisa menyusuri sungai bawah tanahnya menggunakan perahu karet yang sudah tersedia, tapi harus berkelompok ya.

Wisata susur sungai bawah tanah ini belakangan semakin populer, tentu hal itu sangat beralasan, karena kamu akan mendapatkan sensasi petualangan yang menegangkan dan mencengangkan. Karena kamu akan melihat bagaimana pemandangan yang jauh dari hiruk pikuk, bahkan menikmati dunia yang seringkali terlupakan dari dunia permukaan bumi. Selain susur sungai. Di sini juga kamu bisa terapi ikan loh, objek terapi ikannya terletak sekitar 20 meter dari goa, tetapi kamu harus turun ke bawah dari arah pintu masuk ya.