Menyusuri Goa Seplawan Kulon Progo

Untuk kamu yang penat akan suasana hiruk pikuk perkotaan dan sedang mencari tempat yang tenang serta damai, Goa Seplawan bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat buat kamu. Tempat wisata ini berada di kawasan wisata alam pegunungan menoreh dengan ketinggian sekitar 900 mdpl, menjadikan tempat ini begitu sejuk dan segar. Saat kamu memasuki Goa Seplawan ini, hawa sejuk langsung bisa kamu rasakan, keindahan Goa Seplawan ini memiliki panjang lebih dari 750 meter. Lokasi tepatnya berada di wilayah pegunungan menoreh yang membentang dari Kecamatan Bagelen Purworejo hingga Kabupaten Magelang.

Kamu bisa melakukan aktifitas susur goa di tempat ini, dan tak perlu khawatir ataupun takut karena di dalam goa sudah tersedia lampu penerangan yang menerangi sepanjang jalur wisata Goa Seplawan. Di dalamnya kamu bisa menemukan keindahan alam yang menakjubka,n berupa stalaktit dan stalakmit dengan bentuk dan rupanya yang beragam. Goa ini ditemukan pada tahun 1979, bersamaan dengan ditemukannya goa tersebut terdapat pula Patung Dewa Siwa dan Parwati, dengan ditemukanya patung tersebut memberikan keterangan bahwa tempat ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Namun patung terssebut kini telah disimpan di Museum Nasional Jakarta.

Saat kamu menyusuri goa ini, beberapa meter di depannya kamu akan mendapati sebuah kolam dengan airnya yang sangat jernih. Kamu harus dipandu oleh pengelola atau pemandu yang sudah siap siaga, karena Goa Seplawan ini memiliki jalur yang buntu. Jadi untuk keluar goa kamu harus menyusuri jalan serupa dengan jalan awal kamu memasukinya, selain keindahan alam goa di dalamnya kamu juga bisa mennikmati keindahan Kota Jogja dari gardu pandang yang ada di sana. Bukan hanya pemandangan Kota Jogja, dari gardu ini pun terbentang pemandang yang menakjubkan Waduk Sermo yang ada di Kulon Progo. Bahkan saat kamu mendatangi tempat ini saat cuaca cerah, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan 5 gunung sekaligus, yakni Gunung Merapi, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.