Menyepi di Pantai Nglolang

Semua orang suka pantai, tapi tidak semua orang menginginkan pantai yang ramai pengunjung. Ada juga orang yang lebih nyaman dengan pantai yang sepi. Memang pantai yang ramai pasti memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai. Namun kenyamanan tetaplah kenyamanan, kan.

Jika kamu sedang mencari pantai yang sepi, meski dengan fasilitas seadanya, maka kamu bisa mencoba pantai yang satu ini: Pantai Nglolang, yang berada di Gunungkidul, tepatnya di sebelah barat Pantai Sepanjang, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Karena ini adalah salah satu pantai terpencil di Jogja, jadi pantai ini tidak sepikuk pantai Jogja lainnya. Namun buat kamu yang senang wisata pantai sepi, ini tentu akan cocok buatmu.

Pantai ini berpasir putih dengan ombak bergulung-gulung tenang. Bila kamu mengunjungi pantai ini saat tak ada satupun pengunjung, kamu akan merasakan sensasi metafisis yang tak ada duanya kala mendengar gemerisik pasir, debur ombak yang menabrak karang, kesik dedaunan, dan gema suara-suara langit.

Jika datang bersama teman, di pantai sepi ini, kamu bisa membangun kemah, membuat api unggun sambil mempercakapkan hal-hal mendalam tentang hidup. Suasana di pantai sepi seperti ini membawa kita pada permenungan mendalam tentang apa makna hidup. Dan, jangan lupakan sunsetnya yang indah dan merona-rona memantul di permukaan laut. Bila air sedang surut, kamu bisa menyelam atau menangkap ikan dan membakarnya bersama teman-temanmu. Menarik, bukan?

Untuk mencapai Pantai Nglolang, dari Kota Jogja kamu akan menempuh jarak sekitar dua jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Melewati Jl. Wonosari, lalu Perempatan Sampan, arahkan kendaraanmu menuju Jalan Baron, lalu ke arah Kemadang. Baru dari sana arahkan kendaraan melewati Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang dan terakhir di Pantai Nglolang.

Untuk masuk ke Pantai Nglolang, kamu cukup membayar sebesar 10 ribu rupiah, dengan retribusi parkir sebesar 3 ribu. Tidak mahal, kan? Nah, selamat berlibur