Menjelajahi Goa Rancang Kencono Yang Sarat Akan Nilai Sejarah

Di Yogyakarta, tepatnya di daerah Kabupaten Gunung Kidul terdapat satu tempat wisata goa yang cukup menarik untuk kamu kunjungi, namanya Goa Rancang Kencono. Goa ini memiliki sejarah yang cukup berharga, kono sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu di Goa Rancang Kencono ini sudah dihuni oleh manusia. Goa ini sudah digunakan semenjak zaman Kerajaan Mataram Islam berdiri, zaman Megalitikum dan zaman perjuangan setelah kemerdekaan Negara Indonesia. Goa Rancong Kencono ini berbentuk vertikal, yang bertepatan di lokasi pegunungan kapur Gunung Kidul.

Menurut para peneliti, Goa Rancong Kencono ini termasuk sebuah goa purba. Hal itu didukung berkat penemuan tulang belulang yang berumur ribuan tahun dan adanya artefak batu, yang diyakini dijadikan sebagai peralatan kehidupan mereka. Saking berharganya nilai sejarah Goa Rancong Kencono ini, sejarahnya tertulis pada buku Mozaik Pustaka Budaya Yogyakarta yang dibuat oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta pada tahun 2003.

Goa Rancong Kencono ini juga merupakan salah satu tempat persembunyian Laskar Mataram, kisah yang dipercayai adalah pada tahun 1720 Laskar Mataram melakukan perlawanan dari para penjajah Belanda, dan terjadilan pengusiran terhadap penjajah Belanda yang dilakukan oleh kerajaan-kerajaan yang ada di Jawa. Arti dari Rancong Kencono itu sendiri adalah tempat untuk merancang perbuatan yang mulia, berasal dari kata rancang yang dalam bahasa Jawa artinya rencana dan kencono yang bermaknakan mulia.

Di dalam Goa Rancong Kencono ini terbagi atas tiga ruangan. Bagian ruangan pertama, biasa digunakan sebagai tempat berkumpul warga yang sekarang sudah dialihfungsikan sebagai lapangan bulutangkis untuk warga setempat, ruangan itu memiliki luas sekitar 20 m x 20 m. Sedangkan pada bagian ruangan yang kedua, tempatnya lebih sempit dan gelap dibandingkan ruangan yang pertama. Di dalamnya terdapat sebuah arca Kendaraan Dewa Siwi, atau lebih dikenal dengan Arca Nandi.

Dan bagian ruangan terakhir, terdapat lukisan bendera merah putih, lambang garuda, dan terdapat tulisan ‘Prasetya Bhinnekaku’ yang bermaknakan untuk menyemangati Laskar Perang Mataram. Di ruangan yang satu ini, kamu diharuskan berjalan merangkak ya karena jalan menujunya sangat sempit. Bagi kamu pencinta nilai-nilai serta peninggalan sejarah, Goa Rancong Kencono ini merupakan tempat yang tepat. Karena selain kamu berlibur, di sini juga kamu akan turut mempelajari sesuatu yang amat berharga.