Menikmati Sunrise di Puncak Suroloyo

 

Bila kamu seorang yang senang dengan objek wisata perpuncakan, tentu Puncak Suroloyo adalah salah satu daftar kunjunganmu, atau bila belum, segera jadwalkan untuk segera berlibur ke sana.

Puncak Suroloyo merupakan salah satu puncak tertinggi di perbukitan Menoreh. Di sini kamu bisa menikmati pagi yang semilir dan teduh, sambil melihat pemandangan matahari terbit.

Perbukitan Menoreh ini membentang begitu agung di barat laut Borobudur, bagaikan barisan raksasa yang melindungi Provinsi Yogyakarta. Saking agungnya, seorang pujangga dari Keraton Surakarta Ngabehi Yasadipura I pernah menulis karya sastra yang berjudul Serat Cabolek, sebagai rasa kagumnya akan keagungan alam Menoreh

Dalam karya sastra Serat Cabolek Ini diceritakan seorang Raden Mas Rangsang yang bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo mendapat ilham bahwa dia akan menjadi seorang penguasa di Tanah Jawa, namun dia harus melakukan dahulu sebuah perjalanan dari Keraton Kotagede hingga Perbukitan Menoreh.

Hal ini harus dia tunaikan agar bisa menjadi penguasa. Selain itu di salah satu puncak Perbukitan Menoreh, dia juga harus melakukan pertapaan. Sekarang ini tempat bertapa Raden Mas Rangsang tadi dikenal dengan nama Puncak Suroloyo dengan pemandangannya yang begitu indah.

Untuk mencapai Puncak Suroloyo, kamu akan menghadapi medan yang penuh kelokaan yang diapit oleh bukit dan jurang. Dan tentunya tidak jarang pula dibumbui dengan kelokan tajam yang membuat adrenalin terpacu.

Ada dua jalur untuk mencapai Puncak Suroloyo. Pertama, Jalan Godean – Jalan Sentolo – Jalan Kalibawang. Kedua, melewati Jalan Magelang – Pasar Muntilan – Kalibawang. Nah, untuk sampai ke Puncak Suroloyo, kamu harus menaiki setidaknya 300 anak tangga. Namun jangan khawatir, setelah lelah dan capai, keringatmu akan terbayar oleh indahnya puncak tersebut, serta matahari yang menyembul di ujung cakrawala.

Berada di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, Puncak Suroloyo bisa dicapai dari Kota Yogyakarta dalam waktu kurang lebih satu jam. Menariknya, dari menara pantau tertingginya yaitu pada ketinggian 1.019 mdpl, teman – teman traveler bisa melihat empat gunung sekaligus. Empat gunung tadi yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing.