Menikmati Suasana Asri di Air Terjun Kedung Bendo

Musim penghujan di Yogyakarta tidak menghalangi kita untuk tetap melanjutkan perjalanan menuju suatu objek wisata, apalagi bila akhir pekan. Dalam cuaca yang teduh, paling menyenangkan adalah mengunjungi wisata air terjun. Di Yogyakarta banyak sekali pilihan air terjun musiman yang cocok bila dikunjungi ketika musim penghujan.

Air terjun yang menarik di musim penghujan, salahsatunya adalah Air Terjun Kedung Bendo. Meskipun air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun Kedung Bondo memiliki keunikannya tersendiri. Begitulah tiap air terjun di Jogja memiliki keistimewaannya masing-masing. Keunikan yang ditawarkan adalah rute perjalanan menuju air terjun yang musti kita berjalan dari lokasi parkir. Perjalanan dilalui di atas jalanan berbatu dan di kanan kiri disuguhkan banyak tumbuhan hijau yang menyegarkan mata.

Kedung Bendo ini berlokasi di Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Untuk menuju lokasi, dari pusat Kota Yogyakarta membutuhkan waktu tempuh 2 jam. Kita bisa mengendarai motor agar lebih lancar di perjalanan, karena jalanan menuju Kedung Bendo tidak terlalu lebar. Tetapi jika pergi bersama rombongan, tentu saja lebih baik menggunakan mobil agar kebersamaan tetap terasa di perjalanan.

Sayangnya belum begitu banyak papan petunjuk lokasi menuju air terjun ini. Maka pilihan kita adalah melihat google maps. Namun jika merasa masih ragu dengan rute yang ditawarkan google maps, maka baiknya kita bertanya pada warga sekitar. Warga di wilayah tersebut sangatlah ramah.

Tidak ada biaya tiket masuk. Kita hanya perlu membayar uang parkir sebesar Rp.2000,- untuk kendaraan roda 2, dan Rp.5000,- untuk kendaraan roda 4. Fasilitas yang ada selain tempat parkir adalah adanya gazebo untuk beristirahat. Ada juga toilet dan mushala.

Bila sedang tidak hujan, kita bisa berenang di kubangan mirip kolam di bawah air terjun. Namun kita musti tetap hati-hati dengan kedalaman kolamnya yang mencapai 2 meter. Namun bila hujan, kita cukup bisa menikmati dari gazebo.

Menuju Kedung Bendo, lebih baik kita membawa bekal makanan dan minuman sendiri karena di sana belum banyak pedagang jajanan. Meskipun akhir pekan, tempat ini tidak begitu ramai karena memang masih jarang yang berkunjung, belum banyak yang tahu keberadaan eksotisme air terjun ini. Tempatnya pun masih asri, alami, dan sepi. Sebuah destinasi yang paling cocok untuk melepas penat setelah seminggu bekerja. []