Menikmati Pesona Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo bukan terletak di Sidoarjo. Air terjun ini berada di Dusun Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berada di area perbukitan menoreh sehingga saat hampir menuju lokasi, banyak tanjakan yang cukup curam yang harus dilalui.

Air terjun Sidoharjo masih terbilang jarang terdengar bagi banyak wisatawan. Meskipun begitu, Air terjun yang juga dikenal sebagai Air terjun Perawan Sidoharjo menyimpan berbagai daya tarik yang membuat penasaran para wisatawan. Tapi mengapa air terjun ini disebut sebagai air terjun perawan? Apakah karena air terjun ini belum pernah ditemukan, atau baru saja ditemukan, atau memang tidak untuk ditemukan? Jawabannya bukan ketiganya. Menurut masyarakat setempat adalah karena yang pertama kali menemukan tempat ini adalah seorang gadis. Masuk akal, sih.

Begitu tiba di lokasi, kamu akan disuguhi pemandangan tebing yang amat tinggi dibandingkan tinggi orang dewasa pada umumnya. Dari tebing tinggi ini mengalirlah air bening dan menyegarkan. Di bawahnya adalah tampungan aliran air yang biasa dimanfaatkan untuk berendam.

Hutan yang menjadi lokasi air terjun ini begitu sejuk dan asri. Di sekitar lokasi ini juga terdapat bunga-bunga liar yang menambah pesona keindahan kawasan air terjun. Selain dirambati tetumbuhan, di sini juga berkeliaran monyet berekor panjang yang menjadi penghuni hutan.

Untuk menikmati keindahan alam Air Terjun Sidoharjo, kamu cukup membayar 5000 rupiah saja dan kamu bisa berada di sana sepuasnya. Menurut informasi mutakhir, tempat ini belum ada yang mengelola secara pantas, jadi belum lagi terdapat fasilitas layaknya tempa wisata. Maka, kamu sebaiknya mempersiapkan sendiri perbekalan dan peralatan yang dibutuhkan.