Menikmati Paduan Pahatan Manusia dan Alam di Watu Giring Yogyakarta

Salah satu daerah kebanggaan yang dimiliki Yogyakarta ialah Kabupaten Gunung Kidul, karena di sana terdapat ragam destinasi wisata, bisa dikatakan kalau Gunung Kidul adalah daerah terlengkap dalam hal suguhan tempat-tempat wisata, mulai dari pantai-pantainya yang terkenal, dataran tinggi hingga wisata edukasi. Nah, kali ini Anda perlu mengetahui salah satu tempat wisata yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi, namanya Watu giring.

Watu Giring merupakan tempat wisata yang menawarkan deretan batu alam, hingga membentuk anak tangga atau biasa dikenal degan sebutan heritage megalitikum. Area itu memang sengaja dibuat oleh para penambang, dengan memotong-motong bebatuan tersebut sehingga terlihat artistik dan rapi. Dulunya Watu Giring ini biasa digunakan sebagai alas tiang penyangga rumah atau tembok rumah, penduduk setempat lebih mengenalnya dengan sebutan giring.

Aktifitas penambangan di sana pun sudah lama berhenti puluhan tahun silam, sehingga tinggal meninggalkan jejaknya saja. Jejak penambangan yang ditinggalkannya pun cukup beragam, mulai dari potongan-potongan yang berukuran kecil dan memanjang, sampai dengan ukuran yang cukup besar. Maka tak heran, kawasan wisata ini terlihat seperti bentuk candi kuno. Akan tetapi telah banyak ditegaskan pula oleh pengelola bahwa tempat wisata ini hanyalah bekas penambangan.

Hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Watu Giring ini, karena struktur bangunannya yang unik menyerupai candi, juga ditambah dengan penataannya yang apik dan cantik. Ditambah lagi, banyak yang mengatakan struktur bangunan Watu Giring ini latar belakangnya mirip seperti punden bertingkat ala Piramida Suku Maya. Bagi para fotografer dan penikmat selfie, spot ini sangat direkomendasikan loh untuk menambah koleksi foto-foto kenangan Anda.

Spot foto di Watu Giring ini akan terasa lengkap saat cuaca sedang cerah, karena Anda akan disuguhkan pemandangan menawan Gunung Merapi dari kejauhan, didukung dengan hijaunya pesawahan, pokoknya akan terasa istimewa deh. Saking indahnya, tak jarang spot di area ini sering dijadikan tempat foto prewedding.