Menikmati Kesegaran di Bukit Tlogo Kali Kuning Yogyakarta

Di kawasan Lereng Gunung Merapi terdapat banyak wisata alam menarik yang bisa kamu kunjungi, karena wilayahnya yang tergolong masih asri dan alamnya yang hijau, membuat kawasan tersebut sering melahirkan potensi-potensi wisata alam yang menjanjikan. Salah satunya adalah Kali Kuning Yogyakarta, di tempat wisata ini kamu akan disuguhkan panorama yang menakjubkan, dengan latar Gunung Merapi yang menjulang dengan gagah. Di kawasan wisata Kali Kuning juga sering dijadikan area camping dan outbond.

Area Kali Kuning ini selain dikelilingi dengan pemandangan alam hijau, juga dihiasi oleh tebing andesit yang sangat menawan. Bagi kamu yang ingin mencapai tebing andesit itu, kamu diharuskan berjalan kaki dengan menyusuri jalan setapak sejauh kurang lebih 1 Km. Warga setempat biasa melakukan hal tersebut, karena merupakan aktifitas harian untuk mencari rumput pakan ternak. Menyusuri Kali Kuning ini terbilang pengalaman yang berharga, di sepanjang jalannya kamu akan sering menjumpai hamparan alam yang beraneka, seperti hutan pinus, suara gemericik air khas pegunungan, rasamala, puspa, dan kamu juga bisa melihat keindahan Bunga Kantung Semar yang sedang mekar, pohon kina, elang hitam dan elang jawa, dan masih banyak lagi.

Sumber air dari Kali Kuning ini berasal dari Mata Air Umbul Wadon, mata air ini memiliki ketinggian sekitar 1.250 mdpl. Mata Air Umbul Wadon merupakan hulu dari aliran sungai Das Opak, Das Progo dan Das Oya. Debit air Kali Kuning ini sekitar 650 liter/detik, konon munculnya Mata Air Umbul Wadon terjadi akibat berhentinya lahar Gunung Merapi yang meluap karena letusan besar pada ratusan tahun yang lalu, yang menyebabkan patahan dari lempeng bumi. Kali Kuning terletak di lereng gunung Merapi bagian Selatan yang terletak di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.