Menikmati Kemurnian Pantai Greweng

 

Kamu bosan dengan objek wisata pantai yang gitu-gitu aja, dan membuat liburan dan rehatmu jadi lebih membosankan? Bila begitu kamu butuh Pantai Greweng, pantai dengan alam yang benar-benar menyajikan lingkungan yang segar. Cocok untuk kamu yang suka berpetualang.

Pantai Greweng adalah satu pantai tersembunyi di Yogya. Memiliki suasana tenang, dengan debur ombak dan kemerisik pantai, serta suara burung-burung akan melengkapi petualangan dan liburanmu menjadi lebih indah dan mengesankan. Dan kamu akan menyadari perbedaan yang signifikan, antara dunia rutinitasmu selama ini dan apa yang baru saja kamu rasakan ketika tiba di Pantai Greweng.

Bukit-bukit hijau yang mengapit pantai dengan pasir putih dan lembut. Bila kamu datang bersama teman-teman terdekatmu pantai sunyi ini akan menjadi tempat yang cocok untuk saling bercerita, atau berbagi keceriaan dan kegembiraan.

Di pantai ini terdapat bukit bebatuan karst yang membentuk goa. Konon, dulu Presiden RI pertama yaitu Ir. Soekarno dulunya sempat bertapa tujuh hari tujuh malam di gua tersebut. Tapi terlepas dari itu, tidak jarang orang yang tahu pantai ini datang dengan perlengkapan camping mereka, dan memasang tenda di sekitar goa yang kosong.

Biasanya mereka datang bergerombol, membawa perlengakapn kemah: tenda, gitar, alat masak, tikar, serta makanan dan minuman. Malam harinya, mereka memasang api unggun dengan membeli kayu terlebih dulu pada penduduk setempat. Kayu untuk api unggun dijual seharga 10 ribu rupiah.

Lambat laun, Pantai Greweng mulai diperlengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet untuk MCK dan warung makan.

Sebelum mengunjungi Pantai Greweng, persiapkan terlebih dahulu fisikmu, karena jarak area parkir dan pantai ini lumayan menguras tenaga. Dan kamu harus berjalan melalui ladang-ladang penduduk, dan bukit karst yang tinggi. Meski setelahnya lelahmu akan terbayarkan dengan pemandangan yang menghampar di Pantai Greweng.

Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Wediombo. Tepatnya di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Dari kota Jogja, kamu menuju ke Pantai Wediombo, melalui Wonosari. Setelah melewati Semanu, kamu akan lewat Pasar Munggi hingga Balong. Di pertigaan Balong, ambil arah ke Jepitu, lalu ke arah Pantai Wediombo.

Nah, di pantai ini kamu harus memarkir kendaraan lalu lanjut tracking ke arah Pantai Jungwok. Lalu sekitar 20 menit dari jalan setapak itu, kamu akan bertemu pertigaan lagi, dan harus ambil kiri searah dengan jalur ke Pantai Sedahan.

Untuk masuk ke Pantai Greweng kamu dikenakan biaya sebesar 10 ribu per-orang, dengan retribusi 3 ribu rupiah. Bila menginap 5 ribu. Sementara untuk retribusi mobil sebesar 5 ribu rupiah dan bila menginap 10 ribu rupiah.