Menikmati Keistimewaan Bendungan Kamijoro Yogyakarta

Tidak lama selama 1 tahun belakangan ini, Yogyakarta memiliki satu tempat destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Tercatat pada libur Imlek Februari tahun baru lalu saja, jumlah pengunjungnya mencapai lebih dari 3.000 orang. Artinya tempat yang satu ini sangat recomended bagi kamu. Penasaran apa nama tempat wisata itu? Tempatnya berada di perbatasan antara Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo, namanya bukan lain adalah Bendungan Kamijoro.

Walaupun fungsi utama tempat wisata yang satu ini adalah sebagai sarana irigasi, tapi tak menghalanginya untuk mendatangkan ribuan wisatawan. Di sini terdapat jembatan yang cukup menarik untuk dijadikan spot foto yang dibangun dengan apik dan menawan, Bendungan Kamijoro ini terbentang di pinggiran Sungai Progo yang namanya juga cukup terkenal.

Bendungan ini mulai dikerjakan secara intensif untuk dijadikan tempat wisata oleh Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak pada tahun 2016, dan selesai dibangun pada tahun 2018. Selain terdapat jembatan yang apik, di sini juga disediakan area yang dijadikan sebagai taman. Tamannya juga dibangun dengan rapi dan elegan, sehingga cocok untuk kamu yang berlibur bersama keluarga.

Sebelum dibangun bendungan, Sungai Progo itu memiliki sebuah dam, warga sekitar lebih mengenalya dengan sebutan Dam Ngantru Kamijoro. Konon menurut cerita dari masyarakat sekitar, dam yang ada di Sungai Progo tersebut merupakan peninggalan era kolonial. Meskipun area wisata ini berada di luar ruangan, dan memiliki intensitas paparan cahaya yang lumayan menyengat, ditambah fungsi utamanya adalah sebagai sarana irigasi, bendungan ini tidak pernah sepi didatangi pengunjung.

Kalau kamu berminat datang kemari, disarankan untuk datang pada sore hari atau sekitar pukul 16.00 hingga 18.30. Selain cuaca terik matahari yang tidak begitu terasa, juga pada jam-jam tersebut panorama yang disuguhkan di Bendungan Kamijoro ini terbilang sangat mempesona, apalagi kala senja mulai nampak.