Menikmati Keindahan Pantai Gunung Kidul dari Ketinggian Puncak Kosakora

Bukan suatu hal yang baru jika Gunung Kidul menyimpan pesona alam dengan keindahannya yang menawan, terutama wisata pantainya. Ada banyak wisata pantai yang tak terhitung banyaknya di Gunung Kidul, bukan sekadar banyak tapi juga memiliki ciri khas dan karakternya yang beragam nan eksotis, karenanya banyak yang menyebut Gunung Kidul adalah surganya alam pantai. Namun, dalam tulisan kali ini penulis tidak akan membahas pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul, namun lebih kepada sesuatu yang menarik yang ada di salah satu pantainya. Sesuatu yang menarik yang dimaksud di sini adalah Puncak Kosakora, yang letaknya berada di Pantai Ngrumput.

Sebelumnya Pantai Ngrumput tidak seramai seperti sekarang, faktor yang menyebabkannya tidak dan tidak bukan adalah karena adanya Puncak Kosakora tersebut. Kalau kamu ingin mengunjungi Puncak Kosakora, kamu harus siap berjalan kaki/trekking sejauh kurang lebih 800 meter. Jalur yang kamu lewati pun akan dihadang dengan batuan karang yang tajam, turun naik bukit, jadi kamu diharuskan untuk berhati-hati, o ya kamu juga akan menyusuri ladang miliki warga setempat, jadi diharapkan untuk sama-sama menjalin komunikasi yang baik ya. Awalnya Puncak Kosakora ini dijadikan destinasi selingan saat wisatawan datang ke Pantai Ngrumput atau Pantai Drini, tapi karena keindahannya Puncak Kosakora ini dijadikan destinasi wisata utama juga.

Dari Puncak Kosakora ini, kamu dapat melihat keindahan alami yang cukup akan membuatmu terpukau, yakni bentang garis pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul. Di sore hari kecantikan sunset yang tampak dibumbui dengan luasnya hamparan lautan, yang bisa kamu nikmati di sepanjang matamu memandang. Di puncak ini juga sering dijadikan tempat untuk melakukan aktifitas camping dan juga outbond, kamu juga tidak perlu repot-repot membawa peralatan camping yang mungkin agak ribet menurutmu, karena di sini pengelola sudah menyediakan peralatan camping serta kayu bakar bagi kamu yang ingin membuat api unggun. Tapi harus dicatat baik-baik ya, kebersihan serta ketertiban yang sudah dijaga dengan baik di sini, jangan sampai kamu sendiri yang malah menjadi perusak alamnya ya.