Mengunjungi Sam Poo Kong, Mengunjungi Sejarah

Jika kamu penyuka tempat-tempat beribadah yang mempunyai nilai sejarah, maka Klenteng Sam Poo Kong harus ada dalam daftar wisata yang harus kamu kunjungi!

Klenteng Sam Poo Kong terletak di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kelenteng ini adalah salah satu klenteng tertua di Semarang yang mana arsitektur bangunanya merupakan hibridasi budaya Cina dan Jawa. Klenteng Sam Poo Kong saat ini selain sebagai tempat ibadah bagi umat Kong Hu Chu juga merupakan objek wisata favorit masyarakat Semarang dan sekitarnya. Setiap harinya, klenteng ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Untuk masuk ke Sam Poo Kong, kamu cukup merogoh kocek Rp. 5.000 perorang untuk hari Senin hingga Jumat dan Rp. 8.000 untuk hari Sabtu dan Minggu. Untuk masuk area sembahyang akan dikena biaya Rp. 20.000.

Klenteng ini dibangun pada awal abad 15. Saat itu salah satu diplomat utusan Cina bernama Zhang Hee singgah di Semarang dan mendirikan tempat ibadah ini. Saat Zhang Hee melanjutkan perjalananya, salah satu pembantu dan beberapa krunya memilih untuk tinggal dan mengembangkan kawasan ini menjadi lebih ramai lagi oleh masyarakat umum.

Setelah sempat ambruk-hancur berkali-kali oleh berbagai sebab, Sam Poo Kong akhirnya bisa berdiri megah lagi hingga saat ini, tentu dengan beberapa perbaikan di sana-sini tanpa menghilangkan esensi dari arsitektur bangunannya.

Komplek ini terdiri dari 5 klenteng dengan hibridasi arsitektur dari budaya Cina dan Jawa. Hibrditas tersebut menghasilkan sebuah bangunan yang unik dan bersejarah sehingga banyak sekali wisatawan yang tertarik datang ke tempat ini untuk mempelajari sejarahnya atau hanya sekedar datang dengan membawa rasa penasaran.