Mengunjungi Museum Ronggowarsito, Mengunjungi Sejarah

Semarang adalah kota sejarah. Maka bila kamu berkunjung ke Semarang, ada baiknya kamu mengeksplor berbagai tempat wisata yang tersebar di kota ini. Salah satu yang harus kamu kunjungi adalah wisata sejarah Museum Ronggowarsito.

Museum Ronggowarsito menyimpan banyak sekali temuan-temuan menarik tentang benda purbakala, fosil, dan makhluk hidup yang pernah tinggal di bumi nusantara ini. Di Museum Ranggawarsito, kamu akan menyaksikan sebuah temuan besar dan juga cerita menarik tentang tanah Jawa. Museum ini dibangun pada 1975 sebagai gedung penyimpanan barang-barang berharga masa lalu berupa fosil yang pernah ditemukan para peneliti di tanah Jawa, dan diresmikan sebagai museum pada 5 juli 1989 oleh menteri pendidkan dan kebudayaan masa itu.

Museum Ronggowarsito menyimpan 50 ribu koleksi barang sejarah, dan memiliki sejumlah galeri yang dapat kamu jelajahi dan bisa menjadi spot foto yang menarik.

Untuk masuk ke museum ini, kamu dikenakan ongkos tiket sekecil 4 ribu rupiah untuk dewasa, dan 2 ribu rupiah untuk anak-anak, dengan jam operasional mulai pukul 8 pagi sampai 15:30 sore.

Museum Ronggowarsito terletak diĀ  Jalan Abdurrahman Saleh No.1, Kalibanteng kidul, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50149. Ada beberapa alternatif yang bisa anda pilih menuju ke lokasi ini.

Bila kamu memakai transportasi kereta api, kamu bisa di stasiun semarang Tawang. Jarak dari stasiun menuju ke objek wisata kurang lebih 9,3 km atau membutuhkan waktu kurang lebih di 20 menit melalui jalan Pantura. Bila turun di Stasiun Poncol, kamu menempuh jarak sekitar 9,2 km sebelum sampai museum, dengan estimasi waktu kurang lebih 21 menit.

Bila kamu menggunakan transportasi bus, kamu turun di Terminal Terboyo, dengan jarak tempuh kurang lebih 12,5 km, dan estimasi waktu 25 menit.

Galeri di sini diklasifikasikan seturut kategori benda sejarahnya, antara lain: Galeri Geologi, Galeri Paleontologi, Galeri Peninggalan Peradaban Hindu-Buddha, Galeri Peninggalan dari Berbagai Peradaban, Ruang Wayang, dlsb.