Mengenang Memorial Perjuangan Presiden RI ke-2 di Museum Soeharto

Yogyakarta memilik banyak opsi destinasi wisata yang beragam dan tentunya menarik untuk kamu kunjungi, salah satu jenis wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah wisata edukasi, dan di Yogyakarta daerah yang terkenal akan wisata edukasinya ada di Kabupaten Bantul. Walaupun banyak juga di wisata-wisata alam yang menarik hati wisatawan, tapi wisata edukasi juga tak kalah pamornya. Salah satu wisata edukasi di Bantul yang sering dilirik oleh wisatawan, khususnya para pencinta sejarah atau sejarahwan adalah Museum Soeharto.

Didirikannya Museum Soeharto tujuan utamanya adalah untuk mengabadikan, mengenang serta menyimpan memoar dan peninggalan dari Presiden ke 2 Bangsa Indonesia ini. Memiliki luas sekitar 3.620 meter persegi, dan berisikan berbagai macam hal mengenai kehidupan Soeharto. Tujuan lainnya didirikan museum ini adalah untuk dijadikan inspirasi bagi siapa pun yang mengunjunginya, agar senantiasa berbuat yang terbaik demi bangsa. Museum ini mulai diresmikan pada 8 Juni 2013 oleh Probosutedjo, sekaligus menjadi pengingat bahwa di tanggal itu merupakan tanggal kelahiran Soeharto.

Museum Soeharto ini terletak di Jl. Nulis-Puluhan, Dusun Kemusuk, Ds. Argomulyo, Kec.Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu tempuh untuk sampai ke lokasi ini sekitar 30 menit sampai 1 jam, lumayan jauh karena lokasinya yang berada di luar Kota Jogja. Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi penting seputar kehidupan Soharto, saat kamu mengunjungi museum ini kamu akan mendapati sebuah pendopo yang memajang piranti multimedia yang isinya berupa foto-foto perjuangan Soeharto. Selain itu kamu juga bisa mendapati buku-buku elektronik mengenai kehidupan Soeharto, kalau kamu masuk lebih dalam lagi akan terpampang diorama yang memadukan konsep tradisional dan modern.