Mengenal Lebih Jauh Desa Wisata Pulesari Yang Sedang Hits di Jogja

Program-program pengembangan desa wisata belakangan ini marak digencarkan oleh pemerintah-pemerintah daerah, tak terkecuali Pemerintah Daerah Yogyakarta. Sebagai kota yang terkenal sebagai Kota Pariwisata agaknya hal demikian sudah sepatutnya menjadi perhatian, maka Kota Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam, wisata kuliner atau wisata religinya saja. Benar saja, desa-desa wisata yang ada di Yogyakarta kian hari semakin bertambah jumlahnya.

Salah satunya adalah Desa Wisata Pulesari, letaknya berada di kawasan pedesaan di daerah Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Walaupun statusnya adalah pedesaaan, Anda tidak boleh meremehkan keindahany yang ada di dalamnya. Salah satu karakteristik dan ciri khas dari Desa Wisata Pulesari ini yaitu berangkat dari ide kreatif warga sekitar, ide tersebut yaitu membudidayakan salak.

Potensi terbesar dari Desa Wisata Pulesari ini memang terletak pada kekayaan agrowisata salaknya, dari situ dengan kreatifitas masyarakat dengan didukung oleh pelatihan-pelatihan salak itu dibudidayakan menjadi aneka olahan dengan bahan dasar salak. Di antaranya dodol salak, kerupuk salak, bakwan, bakpia, kolak salak, mandumungso, hingga wingku. Unik bukan?

Selain nilai budaya, keunikan serta keindahan alam yang bisa Anda nikmati di sini, terdapat juga beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk seru-seruan di sini. Di antaranya treking, wisata sungai, fun fime hingga outbond. Di sini anda ditawarkan paket outbund yang menyenangkan bersama kawan-kawan atau sanak-saudara.

Pada umumnya, wisatawan yang datang ke lokasi ini lebih memburu wahana river treking, karena memang medan dan suasananya yang dapat membua Anda ketagihan untuk datang ke sekian kalinya. Bagaimana tidak, river treking ini menawarkan Anda beberapa wahana, di antaranya titian bambu, jembatan goyang, spiderman web, tangkap air, hingga air terjun dan gua.

Hingga berdirinya sejak tahun 2012, Desa Wisata Pulesari ini masih terus dilestarikan untuk menjadi lebih baik lagi.