Mengenal Grand Canyon Yogyakarta Yang Bernama Tebing Breksi

Di Jawa Tengah, tepatnya di Semarang terdapat tebing yang terkenal dan digadang-gadang mirip dengan Grand Canyon. Di Yogyakarta juga terdapat destinasi serupa, yaitu Tebing Breksi. Tebing Breksi ini terbilang masih baru berdiri, namun sejak berdirinya wisata satu ini tidak pernah sepi dikunjungi para wisatawan. Awal mulanya, Tebing Breksi ini merupakan sebuah tambang batu biasa yang menyerupai bukit kecil setinggi kurang lebih 20 meter.

Karena lokasinya yang berdekatan dengan Candi Ijo, salah satu wisata candi yang cukup terkenal di Yogyakarta. Maka seringkali para pengunjung menyempatkan diri untuk mampir ke Tebing Breksi ini, seiring berjalannya waktu dan merebaknya foto-foto kece nan eksotis di jagad media sosial dengan latar belakang tebing. Maka Tebing Breksi ini semakin populer, bahkan mengalahkan Candi Ijo itu sendiri.

Sekilas tentang awal mula berdirinya Tebing Breksi ini, yaitu ketika dilakukannya sebuah penelitian mengenai bekas penambangan batu breksi. Penelitiannya menunjukkan bahwa Tebing Breksi itu merupakan endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran, ebing tersebut masuk sebagai situs Geoheritage Candi Ijo yang harus dilestarikan dan dilindungi. Maka dari itu, pemerintah mulai memberikan perhatian lebih untuk mengelola tambang batu tersebut untuk dijadikan sebagai tempat wisata.

Wisata Tebing Breksi ini dibuka setiap hari, dan asal kamu tahu kalau tidak ada harga tiket khusus untuk memasukinya, alias gratis. Pengelola hanya menganjurkan kepada pengunjung untuk membayar seikhlasnya, dan tentunya kalau parkir tidak gratis ya, 2 ribu rupiah untuk motor, dan 5 ribu rupiah untuk mobil.

Tebing Breksi ini terletak di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Kurang lebih 1 kilometer sebelum Candi Ijo (dari jalan Prambanan – Piyungan), Tebing Breksi sendiri masuk dalam cakupan kawasan wisata herritage Candi Ijo.