Menelusuri Goa Gelatik Yang Eksotis dan Bersejarah

Kalau kamu pernah datang berkunjung ke Yogyakarta, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama daerah Gunung Kidul. Ya, tempat ini memang terkenal akan wisata pantainya yang berjumlah puluhan bahkan ratusan, tidak hanya banyak namun juga memiliki keindahan yang tak perlu diragukan. Tapi perlu kamu tahu, Gunung Kidul juga tidak melulu soal wisata pantainya, ada juga wisata lainnya yang tak kalah menarik. Salah satunya yaitu Goa Gelatik.

Asal muasal goa ini ditemukan yaitu berkat penemuan dari seorang sesepuh, ia mengatakan bahwa di daerah tersebut terdapat goa yang menarik yang terkubur di bawah tanah. Hal itu pun membuat warga menjadi penasaran, lalu mereka sepatak untu menggali dan mencari goa yang dimaksud. Pencarian dan penggalian pun dilakukan, hingga memakan waktu selama 4 hingga bulan.

Sebenarnya nama asli dari Goa Gelatik adalah Goa Gelatik Lorong Sewu, dan nama Goa Gelatik itu sendiri diambil dari nama Burung Gelatik. Konon, di dalam goa ini dulunya terdapat banyak burung gelatiknya. Goa ini memiliki ukuran panjang sekitar 400 meter, dulunya goa ini digunakan sebagai tempat untuk betapa dan menenangkan diri, karena tempatnya yang panjang dan gelap dirasa efektif dan mendukung untuk aktifitas tersebut.

Goa ini masih terbilang cukup alami, dan di dalamnya terdapat stalaktit dan stalakmit yang masih aktif hingga kini. Ada juga banyak tetesan-tetesan ait yang berasal dari bebatuan yang membuat ruangannya terasa lembab, di dalamnya pun belum ada penerangan lampu jadi jangan kaget jika kamu merasakan kegelapan yang pekat di sini. Bagi kamu yang ingin mengunjungi Goa Gelatik ini, disarankan untuk ditemani oleh pemandu lokal ya.